Senin, 14 Desember 2015

TELAAH KURIKULUM

TELAAH KURIKULUM
Tugas Kesembilan
KURIKULUM 2006 (KTSP) SENI RUPA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 SUKAWATI, KELAS X & XI
            Dalam kurikulum 2006 (KTSP) seni rupa dalam tingkat pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tepatnya kali ini akan dibahas kurikulum di SMK Negeri 1 Sukawati pada kelas X dan XI.
            Di bawah ini akan dipaparkan sedikit tentang kurikulum yang terdapat pada SMK Negeri 1 Sukawati.
A.      Kurikulum Kelas X
Mata Pelajaran : Nirmana Datar
Kelas/Semester            : X/1
Standar Kompetensi   :  Memahami unsur dan norma disain
Waktu                         : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan
1.1 Menggambar jenis-jenis garis
·    Jenis-jenis garis mencakup:
a.    Garis linier
(Garis kaligrafi & Garis arsitekstur)
b.    Garis imajiner
·    Macam-macam bentuk garis linier [kaligrafi, dan arsitektur] dan garis imajiner.
·    Menjelaskan jenis-jenis garis linier [garis kaligrafi, garis arsitekstur] dan garis imajiner
·    Latihan pembuatan garis linier
a.  Garis kaligrafi
b.  Garis arsitekstur
·    Latihan pembuatan garis imajiner
·    Dapat menunjukkan jenis-jenis  garis linier dan garis imajiner
·    Dapat membedakan jenis-jenis  kaligrafi dengan garis arsitektur
·    Dapat membuat gambar garis kaligrafi, garis arsitektur dan garis imajiner dengan alat pensil B, pena dan kuas.
Tes lisan
Penuga-san
2
Desain elementer
Dasar-dasar desain
Mata pelajaran; kreativitas
Bahan ajar dasar  kekriyaan
Bahan: buku  gambar A3
1.2 Membuat kompoisi bentuk (form)
·    Jenis-jenis bentuk (form)  yakni: bentuk positif dan  bentuk negatif
·    Prinsip komposisi desain yakni: irama (ritma), keserasian [harmoni], kesatuan  [unity]
·    Menjelaskan jenis-jenis bentuk yakni; bentuk positif dan bentuk negatif
·    Menjelaskan prinsip komposisi desain yakni: irama (ritma), keserasian [harmoni], kesatuan  [unity]
·    Latihan pembuatan bentuk positif  dan bentuk negatif
·    Dapat mendifinisi-kan bentuk positif dan bentuk negative
·    Dapat menunjuk-kan dan membedakan bentuk positif dengan  bentuk negative
·    Dapat menjelaskan prinsip desain yakni; irama, keserasian, dan kesatuan
·    Dapat membuat komposisi  bentuk positif dan bentuk  negatif dengan pensil dan tinta
Tes lisan
Penuga-san
4
Sumber : 
S D A
Bahan; buku gambar A3, tinta
Alat; pensil, penggaris dan pengha-pus, palet dan kuas.

1.3 Membuat gambar warna-warna  primer, sekunder  dan warna tersier  (lingkaran warna)
·    Jenis-jenis warna pokok  [warna primer], warna  sekunder dan warna tersier
·    Alat dan bahan pembuatan  gambar warna primer, sekunder dan warna tersier
·    Teknik pembuatan gambar  warna primer, sekunder dan warna tersier
·    Menjelaskan jenis-jenis; warna primer, sekunder dan warna tersier
·    Menjelaskan alat dan bahan pembuatan gambar warna primer, sekunder dan warna tersier
·    Latihan pembuatan warna primer sekunder dan warna tersier

·    Dapat menyebut-kan dan menunjuk-kan jenis warna primer, sekunder dan warna tersier
·    Dapat mengguna-kan alat dan bahan dalam pembuatan gambar warna primer, warna sekunder dan warna tersier
·    Dapat membuat gambar warna  primer, warna sekunder, warna  tersier dengan teknik transparan dan teknik plakat
Tes lisan
Penuga-san
4
Sumber:       S D A
Bahan; buku gambar A3, warna
Alat; pensil, penggaris dan pengha-pus, palet dan kuas.

 1.4 Membuat gradasi warna
Gradasi warna primer dan sekunder
Pengenalan gradasi warna primer dan sekunder
·    Dapat menjelaskan gradasi warna primer dan sekunder
·    Dapat membuat gradasi warna primer dan sekunder dengan teknik plakat
Tes lisan
Penuga-san
4
Sumber:     
 S D A
Bahan; buku gambar A3, warna
Alat; S D A

1.5  Membuat komposisi warna
Komposisi warna panas dan dingin
·    Menjelaskan komposisi, komposisi warna panas dan dingin
·    Latihan membuat komposisi warna panas dan dingin
·    Dapat mendifinisi-kan komposisi
·    Dapat membeda-kan komposisi warna panas dan dingin
·    Dapat membuat komposisi warna panas dan dingin dengan teknik plakat
Tes lisan
Penuga-san
4
Sumber:     
 S D A
Bahan; buku gambar A3, warna
Alat; S D A
Tabel 1. Penjelasan tentang standar kompetensi 1 dalam nirmana datar
Mata Pelajaran : Nirmana Datar
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : Memahami jenis dan karakter tekstur
Waktu                         : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan
2.1 Membuat aneka  jenis tekstur
·    Jenis-jenis tekstur:
a.    Tekstur nyata
b.    Tekstur semu
c.    Tekstur tiruan
·    Pembuatan tekstur nyata, tekstur semu, tekstur tiruan dengan tekanik dan prosedur yang benar.
·    Menjelaskan pengertian tekstur dan jenis-jenis tekstur
·    Latihan pembuatan  tekstur nyata  tekstur semu/tekstur  tiruan dengan teknik dan  prosedur yang benar
·    Dapat mendifinisikan tekstur
·    Dapat membedakan  jenis-jenis tekstur
·    Dapat membuat tekstur  nyata tekstur semu dan  teknik dan prsedur yang  yang benar
Tes lisan
Penuga-san
9
Sumber:     
 S D A
Bahan: kertas karton, lem, kulit  kayu daun

2.2  Membuat komposisi tekstur
·    Mendiskripsi-kan kaidah, prinsip, komposisi, desain  dan nirmana
·    Menbentuk tekstur sesuai  kaidah prinsip, komposisi  pola dan nirmana
·    Menjelaskan kaidah, prinsip, komposisi, desain dan nirmana
·    Latihan pembentukan tekstur  sesuai kaidah prinsip, komposisi pola dan nirmana
·    Dapat menyebutkan kaidah  prinsip desain
·    Dapat membuat tekstur  sesuai kaidah, prinsip  komposisi pola dan nirmana
Tes lisan
Penuga-sa
9
Sumber:     
 S D A
Bahan: kertas karton, lem, kulit  kayu daun

2.2  Membuat komposisi tekstur
·    Mendiskripsi-kan kaidah, prinsip, komposisi, desain  dan nirmana
·    Menbentuk tekstur sesuai  kaidah prinsip, komposisi  pola dan nirmana
·    Menjelaskan kaidah, prinsip, komposisi, desain dan nirmana
·    Latihan pembentukan tekstur  sesuai kaidah prinsip, komposisi pola dan nirmana
·    Dapat menyebutkan kaidah  prinsip desain
·    Dapat membuat tekstur  sesuai kaidah, prinsip  komposisi pola dan nirmana

Tes lisan
Penuga-sa
9
Sumber:     
 S D A
Bahan: kertas karton, lem, kulit  kayu daun
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 2 dalam nirmana datar
Mata Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester            : X/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami sketsa perspektif garis dan bentuk sebagai karya seni rupa
                                      2. Trampil membuat sketsa dengan model obyek langsung
Waktu                         : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan

1.1 Pengertian garis dan bentuk
1.2 Jenis dan sifa/karakter garis
1.3  Penerapan teknik kering
1.4  Pemanfaatan alat dan  bahan yan benar
1.5  Ketepatan dalam mengekspresikan garis
1.6  Menggam-bar sketsa rumah tinggal
1.7  Menggam-bar sketsa ruang kantor
·    Pengertian garis dan bentuk
·    Jenis dan sifa/karakter garis
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yan benar
·    Ketepatan dalam mengekspresi-kan garis
·    Menggambar sketsa rumah tinggal
·    Menggambar sketsa ruang kantor
Menjelaskan tentang:
·    Pengertian garis dan bentuk
·    Jenis dan sifa/karakter garis
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yan benar
·    Ketepatan dalam mengekspresi-kan garis
·    Menggambar sketsa rumah tinggal
·    Menggambar sketsa ruang kantor
Dapat menjelaskan :
·    Pengertian garis dan bentuk
·    Jenis dan sifat/karaktergaris Trampil :
-     Menerapan teknik kering
-     Memanfaatan alat dan bahan yan benar
·    Ketepatan dalam mengekspresikan garis
·    Menggam-bar sketsa rumah tinggal
·    Menggam-bar sketsa ruang kantor
Tes lisan
Penuga-san
10
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunarsa
·    Sketsa  Amri Yahya

2.1  Penerapan teknik kering
2.2  Pemanfaatan alat dan  bahan yang benar
2.3  Menggam-bar sketsa wajah  langsung dan tak langsung
2.4  Penerapan teknik kering
2.5  Pemanfaatan alat dan  bahan yang  benar
2.6  Menggam-bar sketsa  tumbuh-tumbuhan
2.7  Menggam-bar sketsa binatang
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang benar
·    Menggambar sketsa wajah  langsung dan tak langsung
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang  benar
·    Menggambar sketsa  tumbuh-tumbuhan
·    Menggambar sketsa binatang
Menjelaskan tentang:
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang benar
Menjelaskan tentang:
·    Menggambar sketsa wajah  langsung dan tak langsung
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang  benar
·    Menggambar sketsa  tumbuh-tumbuhan
·    Menggambar sketsa binatan
Trampil:
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang benar
Terampil:
·    Menggam-bar sketsa wajah  langsung dan tak langsung
·    Penerapan teknik kering
·    Pemanfaatan alat dan  bahan yang  benar
·    Menggam-bar sketsa  tumbuh-tumbuhan
·    Menggam-bar sketsa binatan
Tes lisan
Penuga-sa
8
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunarsa
·    Sketsa  Amri Yahya
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 1 & 2 dalam sketsa
Mata Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester            : X/2
Standar Kompetensi   : Sketsa obyek bergerak dan tidak bergerak
Waktu                         : 12 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan

3.1 Menggam-bar Sketsa  benda bergerak dan tidak bergerak
·    Membedakan sketsa  rumah tinggal dan sketsa  kendaraan bermotor  (mobil, sepeda motor)
·    Mengindentifi-kasi alat dan  bahan untuk menggambar  sketsa kendaraan bermotor
·    Terampil menggambar  sketsa kendaraan bermotor
·    Sketsa rumah tinggal
·    Sketsa kendaraan bermotor  (mobil, sepeda motor)
·    Latihan menggambar sketsa kendaraan bermotor
·    Dapat membedakan sketsa  rumah tinggal dengan sketsa  kendaraan
·    Dapat membuat sket  kendaraan bermotor
·    Dapat memilih alat dan bahan  untuk mengantar sket kendaraan bermotor
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

3.2. Menggam-bar Sketsa  suasana keramaian (Pasar, Stasiun,Terminal)
·    Membedakan gambar  suasana keramaian Kota:
a.  Suasana pasar
b.  Suasana Stasiun kereta api
c.  Suasana terminal
·    Mengidentifi-kasi alat dan  bahan unruk menggambar  sketsa keramaian kota
·    Terampil menggambar  sketsa keramaian kota
·    Gambar Sketsa keramaian  kota:
a.  Suasana pasar
b.  Suasana Stasiun kereta api
c.  Suasana terminal Bus
·    Alat dan  bahan unruk menggambar  sketsa keramaian kota
·    Latihan menggambar  sketsa keramaian kota
·    Dapat menggambar suasana pasar
·    Dapat menggambar suasana stasiun kereta api
·    Dapat menggambar suasana terminal Bus
·    Dapat memilih alat dan bahan untuk menggambar  sketsa keramaian kota
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

3.3. Menggambar Sketsa  Landscape Kota
·    Membedakan gambar sketsa Landscape hunian dan sketsa Landscape
·    Mengidentifikasi alat dan  bahan sketsa Landscape kota
·    Terampil menggambar sketsa Landscape Taman Kota
·    Gambar Sket Landscape  Taman Kota:
a.  Sketsa Landscape hunian
b.  Sketsa Landscape
·    Alat dan Bahan untuk menggambar sketsa Landscape Taman Kota
·    Latihan menggambar  sketsa Landscape Taman Kota
·    Dapat membuat gambar  sketsa Landscape Kota
·    Dapat membuat Landscape hunian
·    Dapat membuat Sketsa Landscape
·    Dapat memilih alat danbahan untuk menggambar Landscape Taman Kota
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 3 dalam sketsa
Mata Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester            : XI/3
Standar Kompetensi   : 4.Trampil membuat sketsa yang artistik bentuk binatang tunggal maupun berkelompok
                                      5.Trampil membuat sketsa posisi artistik manusia perorangan maupun berkelompok
Waktu                       : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan

4.1 Sketsa binatang  tungga  berbagai posisi dengan  anatomi, proporsi dan garis  yang artistik teknik basah
Sketsa binatang tunggal berbagai dengan  posisianatomi, proporsi  dan  garis yang artistik
Membuat sketsa binatang tunggal sesuai dengan anatomi, proporsi dan garis yang artistik, dengan berbagai posisi.
Dapat membuat karya sketsa binatang dengan berbagai posisi sesuai dengan anatomi. proporsi dan garis yang artistik.
Tes lisan
Penuga-san
4
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

4.2 Sketsa binatang kelompok berbagai posisi   dengan anatomi proporsi garis artistik
Sketsa binatang berkelompok berbagai posisi dengan  anatomi ,proporsi dan garis  yang artistik
Membuat sketsa sekelompok binatang dengan anatomi, proporsi dan garis yang artistik dengan berbagai posisi.
Dapat membuat karya sketsa sekelompok binatang dengan berbagai posisi sesuai dengan anatomi, proporsi dan garis yang artistik.
Tes lisan
Penuga-san
4
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

5.1 Sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan anatomi, proporsi garis yang artistik Pemilihan alat dan bahan yang tepat. Penerapan teknik basah
·    Posisi obyek yang artistic
·    Anatomi, proporsi manusia
·    Garis yang artistic
·    Penerapan alat, bahan dan teknik basah yang tepat
Membuat rarya Sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan anatomi proporsi,garis yang artistik  dengan teknik basah basah.
Dapat membuat karya sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan anatomi,proporsi garis yang artistik dengan  penerapan teknik basah yang tepat.
Tes lisan
Penuga-san
5
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

5.2 Sketsa kelompok manusia berbagai aktivitas dengan anatomi, proporsi garis yang artistik.
Pemilihan alat dan bahan yang tepat.
Penerapan teknik basah
·    Posisi obyek yang artistic
·    Anatomi, proporsi manusia
·    Komposisi
·    Garis yang artistic
·    Penerapan alat, bahan dan teknik  basah yang tepat
Membuat karya Sketsa manusia berkelompok berbagai posisi dengan anatomi, proporsi, garis yang artiktik dengan teknik basah.
Dapat membuat karya sketsa manusia berkelompok berbagaiposisi dengan anatomi, proporsi garis yang artistik denganpenerapan teknik basah yang tepat.
Tes lisan
Penuga-san
5
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 4 & 5 dalam sketsa
Mata Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester            : XI/4
Standar Kompetensi   : 6. Trampil membuat sketsa dengan tema obyektif imajiner dan kepribadian
Waktu                         : 12 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan

6.1 Menerapkan konsep tema  obyektif dalam sketsa yang  artistik
6.2 Menerapkan konsep tema  imajiner dalam sketsa yang  artistik
6.3 Pengamatan visual dalam pikiran/ imajinasi. Pemilihan alat dan bahan yang tepat. Penerapan teknik basah
·    Konsep tema obyektif
·    Konsep tema imajiner
·    Pengamatan visual dalam  pikiran/imajiner
·    Teknik basah
Membuat karya sketsa dengan tema obyektif dan imajiner yang artistik dengan penerapan teknik basah yang tepat.
Dapat membuat karya sketsa dengan tema obyektif dan imajiner yang artistik dengan penerapan teknik basah yang tepat.
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar

6.4 Penerapan konsep sketsa  yang mencermin-kan kepribadian
6.5 Penerapan berbagai bentuk garis yang artistik.
Pemilihan, pemanfaatan alat dan bahan yang tepat. Penerapan teknik basah  dan kering
·    Konsep kepribadian
·    Bentuk garis yang artistic
·    Pemanfatan alat dan bahan
·    Teknik basah dan kering
Membuat karya sketsa identitas kepribadia dengan bentuk garis yang artistik serta pemanfaatan alat, bahan dan teknik campuran/ teknik basah dan kering yang tepat.
Dapat membuat karya sketsa  identitas kepribadia dengan  bentuk garis yang artistik  serta pemanfaatan alat ,bahan  dan teknik campuran/ teknik basah dan kering yang tepat,
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 6 dalam sketsa
Mata Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester            : XI/4
Standar Kompetensi   : 7. Trampil membuat sketsa dengan tema Kreativitas
Waktu                         : 6 x pertemuan
Kompetensi dasar
Materi pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Indikator
Penilai-an
A. wak-tu
Sumber/ alat/ bahan

7.1 Penerapan konsep kreativitas sketsa hasil pengamatan dari berbagai  konsep
7.2 Penerapan berbagai bentuk garis yang artistik.
Pemilihan, pemanfaatan alat dan bahan yang tepat.
Penerapan teknik basah dan teknik kering.
·    Konsep kreativitas
·    Bentuk garis yang artistic
·    Pemanfaatan alat dan bahan
·    Penerapan teknik basah dan kering yang tepat.
Membuat karya sketsa dengan konsep tema kreativitas, bentuk, garis yang artistik, pemilihan alatdan bahan serta pemanfaatan teknik campuran (teknik basah dan teknik kering) yang tepat.
Dapat membuat karya sketsa dengan:
a.  Tema konsep kreativitas
b.  Alat dan bahan yang tepat
c.  Penerapan teknik campuran yang tepat.
Tes lisan
Penuga-san
6
·    Penger-tian sketsa dalam seni rupa
·    Sketsa  Nym Gunars
·    Sketsa  Amri Yahya
·    Alat; pensil,conte dan tinta cina
·    Bahan: kertas HVS/ gambar
Tabel 2. Penjelasan tentang standar kompetensi 7 dalam sketsa





Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Telaah KurikulumPertemuan Kesembilan, Presentasi Kelompok 5 [Ni Nyoman Tri Widiani, Indrianti Amilda Pratami, Umrah, Kadek Joni Dwi Pranata, Kadek Ngurah Wija Putra, Riski Andika, dan Kadek Edi Satriawan] (26 Oktober 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar