TELAAH KURIKULUM
Tugas Kesembilan
KURIKULUM 2006 (KTSP)
SENI RUPA TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1
SUKAWATI, KELAS X & XI
Dalam
kurikulum 2006 (KTSP) seni rupa dalam tingkat pendidikan Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) tepatnya kali ini akan dibahas kurikulum di SMK Negeri 1
Sukawati pada kelas X dan XI.
Di
bawah ini akan dipaparkan sedikit tentang kurikulum yang terdapat pada SMK
Negeri 1 Sukawati.
A.
Kurikulum
Kelas X
Mata
Pelajaran : Nirmana Datar
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Memahami unsur dan norma disain
Waktu : 18 x pertemuan
Waktu : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
||||||
1.1
Menggambar jenis-jenis garis
|
· Jenis-jenis
garis mencakup:
a.
Garis linier
(Garis
kaligrafi & Garis arsitekstur)
b.
Garis imajiner
· Macam-macam
bentuk garis linier [kaligrafi, dan arsitektur] dan garis imajiner.
|
· Menjelaskan
jenis-jenis garis linier [garis kaligrafi, garis arsitekstur] dan garis
imajiner
· Latihan
pembuatan garis linier
a.
Garis kaligrafi
b.
Garis arsitekstur
· Latihan
pembuatan garis imajiner
|
· Dapat
menunjukkan jenis-jenis garis linier
dan garis imajiner
· Dapat membedakan
jenis-jenis kaligrafi dengan garis
arsitektur
· Dapat membuat
gambar garis kaligrafi, garis arsitektur dan garis imajiner dengan alat pensil B, pena dan kuas.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
2
|
Desain
elementer
Dasar-dasar
desain
Mata
pelajaran; kreativitas
Bahan
ajar dasar kekriyaan
Bahan:
buku gambar A3
|
||||||
1.2
Membuat kompoisi bentuk (form)
|
·
Jenis-jenis bentuk (form) yakni: bentuk positif dan bentuk negatif
·
Prinsip komposisi desain yakni: irama (ritma),
keserasian [harmoni], kesatuan [unity]
|
·
Menjelaskan jenis-jenis bentuk yakni; bentuk positif dan bentuk negatif
·
Menjelaskan prinsip komposisi desain yakni: irama
(ritma), keserasian [harmoni], kesatuan
[unity]
·
Latihan pembuatan bentuk positif dan bentuk negatif
|
·
Dapat mendifinisi-kan bentuk positif dan bentuk
negative
·
Dapat menunjuk-kan dan membedakan bentuk positif
dengan bentuk negative
·
Dapat menjelaskan prinsip desain yakni; irama, keserasian,
dan kesatuan
·
Dapat membuat komposisi bentuk positif dan bentuk negatif dengan pensil dan tinta
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
Sumber
:
S
D A
Bahan;
buku gambar A3, tinta
Alat;
pensil, penggaris dan pengha-pus, palet dan kuas.
|
||||||
1.3
Membuat gambar warna-warna primer,
sekunder dan warna tersier (lingkaran warna)
|
·
Jenis-jenis warna pokok [warna primer], warna sekunder dan warna tersier
·
Alat dan bahan pembuatan gambar warna primer, sekunder dan warna
tersier
·
Teknik pembuatan gambar warna primer, sekunder dan warna tersier
|
·
Menjelaskan jenis-jenis; warna primer, sekunder dan
warna tersier
·
Menjelaskan alat
dan bahan pembuatan gambar warna primer, sekunder dan warna tersier
·
Latihan pembuatan warna primer sekunder dan warna
tersier
|
·
Dapat menyebut-kan dan menunjuk-kan jenis warna
primer, sekunder dan warna tersier
·
Dapat mengguna-kan alat dan bahan dalam pembuatan
gambar warna primer, warna sekunder dan warna tersier
·
Dapat membuat gambar warna primer, warna sekunder, warna tersier dengan teknik transparan dan teknik
plakat
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
Sumber: S D A
Bahan;
buku gambar A3, warna
Alat;
pensil, penggaris dan pengha-pus, palet dan kuas.
|
||||||
1.4 Membuat gradasi warna
|
Gradasi
warna primer dan sekunder
|
Pengenalan
gradasi warna primer dan sekunder
|
·
Dapat menjelaskan gradasi warna primer dan sekunder
·
Dapat membuat gradasi warna primer dan sekunder
dengan teknik plakat
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
Sumber:
S D A
Bahan;
buku gambar A3, warna
Alat;
S D A
|
||||||
1.5 Membuat komposisi warna
|
Komposisi
warna panas dan dingin
|
·
Menjelaskan komposisi, komposisi warna panas dan
dingin
·
Latihan membuat komposisi warna panas dan dingin
|
·
Dapat mendifinisi-kan komposisi
·
Dapat membeda-kan komposisi warna panas dan dingin
·
Dapat membuat komposisi warna panas dan dingin dengan
teknik plakat
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
Sumber:
S D A
Bahan;
buku gambar A3, warna
Alat;
S D A
|
||||||
Tabel
1. Penjelasan tentang standar kompetensi 1 dalam nirmana datar
Mata
Pelajaran : Nirmana Datar
Kelas/Semester : X/2
Standar
Kompetensi : Memahami jenis dan karakter
tekstur
Waktu : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
||||||
2.1
Membuat aneka jenis tekstur
|
·
Jenis-jenis tekstur:
a.
Tekstur nyata
b.
Tekstur semu
c.
Tekstur tiruan
·
Pembuatan tekstur nyata, tekstur semu, tekstur
tiruan dengan tekanik dan prosedur yang benar.
|
·
Menjelaskan pengertian tekstur dan jenis-jenis
tekstur
·
Latihan pembuatan
tekstur nyata tekstur semu/tekstur tiruan dengan teknik dan prosedur yang benar
|
·
Dapat mendifinisikan tekstur
·
Dapat membedakan
jenis-jenis tekstur
·
Dapat membuat tekstur nyata tekstur semu dan teknik dan prsedur yang yang benar
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
9
|
Sumber:
S D A
Bahan:
kertas karton, lem, kulit kayu daun
|
||||||
2.2 Membuat komposisi tekstur
|
· Mendiskripsi-kan
kaidah, prinsip, komposisi, desain dan
nirmana
· Menbentuk
tekstur sesuai kaidah prinsip,
komposisi pola dan nirmana
|
·
Menjelaskan kaidah, prinsip, komposisi, desain dan
nirmana
·
Latihan pembentukan tekstur sesuai kaidah prinsip, komposisi pola dan
nirmana
|
·
Dapat menyebutkan kaidah prinsip desain
·
Dapat membuat tekstur sesuai kaidah, prinsip komposisi pola dan nirmana
|
Tes
lisan
Penuga-sa
|
9
|
Sumber:
S D A
Bahan:
kertas karton, lem, kulit kayu daun
|
||||||
2.2 Membuat komposisi tekstur
|
·
Mendiskripsi-kan kaidah, prinsip, komposisi,
desain dan nirmana
·
Menbentuk tekstur sesuai kaidah prinsip, komposisi pola dan nirmana
|
·
Menjelaskan kaidah, prinsip, komposisi, desain dan
nirmana
·
Latihan pembentukan tekstur sesuai kaidah prinsip, komposisi pola dan
nirmana
|
·
Dapat menyebutkan kaidah prinsip desain
·
Dapat membuat tekstur sesuai kaidah, prinsip komposisi pola dan nirmana
|
Tes
lisan
Penuga-sa
|
9
|
Sumber:
S D A
Bahan:
kertas karton, lem, kulit kayu daun
|
||||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 2 dalam nirmana datar
Mata
Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi :
1. Memahami sketsa perspektif garis dan bentuk sebagai karya seni rupa
2.
Trampil membuat sketsa dengan model obyek langsung
Waktu : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
||||||
1.1 Pengertian garis dan bentuk
1.2 Jenis dan sifa/karakter garis
1.3 Penerapan
teknik kering
1.4 Pemanfaatan
alat dan bahan yan benar
1.5 Ketepatan
dalam mengekspresikan garis
1.6 Menggam-bar sketsa rumah tinggal
1.7 Menggam-bar sketsa ruang kantor
|
· Pengertian garis
dan bentuk
· Jenis dan
sifa/karakter garis
· Penerapan teknik
kering
· Pemanfaatan alat dan
bahan yan benar
· Ketepatan dalam mengekspresi-kan garis
· Menggambar
sketsa rumah tinggal
· Menggambar
sketsa ruang kantor
|
Menjelaskan
tentang:
·
Pengertian garis dan bentuk
·
Jenis dan sifa/karakter garis
·
Penerapan teknik kering
·
Pemanfaatan alat
dan bahan yan benar
·
Ketepatan dalam
mengekspresi-kan garis
·
Menggambar sketsa rumah tinggal
·
Menggambar sketsa ruang kantor
|
Dapat
menjelaskan :
·
Pengertian garis dan bentuk
·
Jenis dan sifat/karaktergaris Trampil :
-
Menerapan teknik kering
-
Memanfaatan alat dan bahan yan benar
·
Ketepatan dalam mengekspresikan garis
·
Menggam-bar sketsa rumah tinggal
·
Menggam-bar sketsa ruang kantor
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
10
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunarsa
· Sketsa Amri Yahya
|
||||||
2.1 Penerapan teknik kering
2.2 Pemanfaatan alat dan bahan yang benar
2.3 Menggam-bar sketsa wajah langsung dan tak langsung
2.4 Penerapan teknik kering
2.5 Pemanfaatan alat dan bahan yang
benar
2.6 Menggam-bar sketsa tumbuh-tumbuhan
2.7 Menggam-bar sketsa binatang
|
· Penerapan teknik
kering
· Pemanfaatan alat
dan bahan yang benar
· Menggambar
sketsa wajah langsung dan tak langsung
· Penerapan teknik
kering
· Pemanfaatan alat
dan bahan yang benar
· Menggambar
sketsa tumbuh-tumbuhan
· Menggambar
sketsa binatang
|
Menjelaskan
tentang:
·
Penerapan teknik kering
·
Pemanfaatan alat dan
bahan yang benar
Menjelaskan
tentang:
·
Menggambar sketsa wajah langsung dan tak langsung
·
Penerapan teknik kering
·
Pemanfaatan alat dan
bahan yang benar
·
Menggambar sketsa
tumbuh-tumbuhan
·
Menggambar sketsa binatan
|
Trampil:
·
Penerapan teknik kering
·
Pemanfaatan alat dan
bahan yang benar
Terampil:
· Menggam-bar
sketsa wajah langsung dan tak langsung
· Penerapan teknik
kering
· Pemanfaatan alat
dan bahan yang benar
· Menggam-bar
sketsa tumbuh-tumbuhan
· Menggam-bar
sketsa binatan
|
Tes
lisan
Penuga-sa
|
8
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunarsa
· Sketsa Amri Yahya
|
||||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 1 & 2 dalam sketsa
Mata
Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester : X/2
Standar
Kompetensi : Sketsa obyek bergerak dan tidak bergerak
Waktu :
12 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
|||||||
3.1
Menggam-bar Sketsa benda bergerak dan
tidak bergerak
|
·
Membedakan sketsa
rumah tinggal dan sketsa
kendaraan bermotor (mobil,
sepeda motor)
·
Mengindentifi-kasi alat dan bahan untuk menggambar sketsa kendaraan bermotor
·
Terampil menggambar
sketsa kendaraan bermotor
|
·
Sketsa rumah tinggal
·
Sketsa kendaraan bermotor (mobil, sepeda motor)
·
Latihan menggambar sketsa kendaraan bermotor
|
·
Dapat membedakan sketsa rumah tinggal dengan sketsa kendaraan
·
Dapat membuat sket
kendaraan bermotor
·
Dapat memilih alat dan bahan untuk mengantar sket kendaraan bermotor
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat; pensil,conte
dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||||
3.2.
Menggam-bar Sketsa suasana keramaian
(Pasar, Stasiun,Terminal)
|
· Membedakan
gambar suasana keramaian Kota:
a.
Suasana pasar
b.
Suasana Stasiun kereta api
c.
Suasana terminal
· Mengidentifi-kasi
alat dan bahan unruk menggambar sketsa keramaian kota
· Terampil
menggambar sketsa keramaian kota
|
· Gambar Sketsa
keramaian kota:
a. Suasana pasar
b. Suasana Stasiun
kereta api
c. Suasana terminal
Bus
· Alat dan bahan unruk menggambar sketsa keramaian kota
· Latihan
menggambar sketsa keramaian kota
|
·
Dapat menggambar suasana pasar
·
Dapat menggambar suasana stasiun kereta api
·
Dapat menggambar suasana terminal Bus
·
Dapat memilih alat dan bahan untuk menggambar sketsa keramaian kota
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||||
3.3.
Menggambar Sketsa Landscape Kota
|
·
Membedakan gambar sketsa Landscape hunian dan sketsa
Landscape
·
Mengidentifikasi alat dan bahan sketsa Landscape kota
·
Terampil menggambar sketsa Landscape Taman Kota
|
·
Gambar Sket Landscape Taman Kota:
a.
Sketsa Landscape hunian
b.
Sketsa Landscape
·
Alat dan Bahan untuk menggambar sketsa Landscape
Taman Kota
·
Latihan menggambar
sketsa Landscape Taman Kota
|
·
Dapat membuat gambar
sketsa Landscape Kota
·
Dapat membuat Landscape hunian
·
Dapat membuat Sketsa Landscape
·
Dapat memilih alat danbahan untuk menggambar
Landscape Taman Kota
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat; pensil,conte
dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 3 dalam sketsa
Mata
Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester : XI/3
Standar Kompetensi : 4.Trampil membuat sketsa yang artistik bentuk binatang
tunggal maupun berkelompok
5.Trampil
membuat sketsa posisi artistik manusia perorangan maupun berkelompok
Waktu : 18 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
|||||
4.1
Sketsa binatang tungga berbagai posisi dengan anatomi, proporsi dan garis yang artistik teknik basah
|
Sketsa
binatang tunggal berbagai dengan
posisianatomi, proporsi
dan garis yang artistik
|
Membuat
sketsa binatang tunggal sesuai dengan anatomi, proporsi dan garis yang
artistik, dengan berbagai posisi.
|
Dapat
membuat karya sketsa binatang dengan berbagai posisi sesuai dengan anatomi. proporsi dan garis yang artistik.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
4.2
Sketsa binatang kelompok berbagai posisi
dengan anatomi proporsi garis artistik
|
Sketsa
binatang berkelompok berbagai posisi dengan
anatomi ,proporsi dan garis
yang artistik
|
Membuat
sketsa sekelompok binatang dengan anatomi, proporsi dan garis yang artistik dengan berbagai posisi.
|
Dapat
membuat karya sketsa sekelompok binatang dengan berbagai posisi sesuai dengan
anatomi, proporsi dan garis yang artistik.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
4
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
5.1
Sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan anatomi, proporsi garis yang
artistik Pemilihan alat dan bahan yang tepat. Penerapan teknik basah
|
·
Posisi obyek yang artistic
·
Anatomi, proporsi manusia
·
Garis yang artistic
·
Penerapan alat, bahan dan teknik basah yang tepat
|
Membuat
rarya Sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan anatomi proporsi,garis
yang artistik dengan teknik basah
basah.
|
Dapat
membuat karya sketsa manusia perorangan berbagai posisi dengan
anatomi,proporsi garis yang artistik dengan
penerapan teknik basah yang tepat.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
5
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
5.2
Sketsa kelompok manusia berbagai aktivitas dengan anatomi, proporsi garis
yang artistik.
Pemilihan
alat dan bahan yang tepat.
Penerapan
teknik basah
|
·
Posisi obyek yang artistic
·
Anatomi, proporsi manusia
·
Komposisi
·
Garis yang artistic
·
Penerapan alat, bahan dan teknik basah yang tepat
|
Membuat
karya Sketsa manusia berkelompok berbagai posisi dengan anatomi, proporsi,
garis yang artiktik dengan teknik basah.
|
Dapat
membuat karya sketsa manusia berkelompok berbagaiposisi dengan anatomi,
proporsi garis yang artistik denganpenerapan teknik basah yang tepat.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
5
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 4 & 5 dalam sketsa
Mata
Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester : XI/4
Standar Kompetensi : 6. Trampil membuat sketsa dengan tema obyektif imajiner
dan kepribadian
Waktu :
12 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
|||||
6.1
Menerapkan konsep tema obyektif dalam
sketsa yang artistik
6.2
Menerapkan konsep tema imajiner dalam
sketsa yang artistik
6.3
Pengamatan visual dalam pikiran/ imajinasi. Pemilihan alat dan bahan yang
tepat. Penerapan teknik basah
|
·
Konsep tema obyektif
·
Konsep tema imajiner
·
Pengamatan visual dalam pikiran/imajiner
·
Teknik basah
|
Membuat
karya sketsa dengan tema obyektif dan imajiner yang artistik dengan penerapan
teknik basah yang tepat.
|
Dapat
membuat karya sketsa dengan tema obyektif dan imajiner yang artistik dengan
penerapan teknik basah yang tepat.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
6.4
Penerapan konsep sketsa yang
mencermin-kan kepribadian
6.5
Penerapan berbagai bentuk garis yang artistik.
Pemilihan,
pemanfaatan alat dan bahan yang tepat. Penerapan teknik basah dan kering
|
·
Konsep kepribadian
·
Bentuk garis yang artistic
·
Pemanfatan alat dan bahan
·
Teknik basah dan kering
|
Membuat
karya sketsa identitas kepribadia dengan bentuk garis yang artistik serta
pemanfaatan alat, bahan dan teknik campuran/ teknik basah dan kering yang
tepat.
|
Dapat
membuat karya sketsa identitas
kepribadia dengan bentuk garis yang
artistik serta pemanfaatan alat ,bahan dan teknik campuran/ teknik basah dan
kering yang tepat,
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 6 dalam sketsa
Mata
Pelajaran : Sketsa
Kelas/Semester : XI/4
Standar
Kompetensi : 7. Trampil membuat sketsa dengan tema Kreativitas
Waktu :
6 x pertemuan
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator
|
Penilai-an
|
A. wak-tu
|
Sumber/ alat/ bahan
|
|||||
7.1
Penerapan konsep kreativitas sketsa hasil pengamatan dari berbagai konsep
7.2
Penerapan berbagai bentuk garis yang artistik.
Pemilihan,
pemanfaatan alat dan bahan yang tepat.
Penerapan
teknik basah dan teknik kering.
|
·
Konsep kreativitas
·
Bentuk garis yang artistic
·
Pemanfaatan alat dan bahan
·
Penerapan teknik basah dan kering yang tepat.
|
Membuat
karya sketsa dengan konsep tema kreativitas, bentuk, garis yang artistik,
pemilihan alatdan bahan serta pemanfaatan teknik campuran (teknik basah dan
teknik kering) yang tepat.
|
Dapat
membuat karya sketsa dengan:
a.
Tema konsep kreativitas
b.
Alat dan bahan yang tepat
c.
Penerapan teknik campuran yang tepat.
|
Tes
lisan
Penuga-san
|
6
|
· Penger-tian
sketsa dalam seni rupa
· Sketsa Nym Gunars
· Sketsa Amri Yahya
· Alat;
pensil,conte dan tinta cina
· Bahan: kertas
HVS/ gambar
|
|||||
Tabel
2. Penjelasan tentang standar kompetensi 7 dalam sketsa
Bahan
Bacaan:
Materi Kuliah Telaah
Kurikulum – Pertemuan Kesembilan,
Presentasi Kelompok 5 [Ni
Nyoman Tri Widiani, Indrianti Amilda Pratami, Umrah, Kadek Joni Dwi
Pranata, Kadek Ngurah Wija Putra, Riski
Andika, dan Kadek Edi Satriawan]
(26 Oktober 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar