Tugas Keduabelas
TUTORIAL MEMBUAT
STOPMOTION DENGAN TEKNIK MENEMPEL, MELIPAT, MENGGUNTING DAN MERAKIT
Tujuan utama mempelajari keterampilan menempel,
melipat, menggunting maupun merakit pada siswa adalah untuk
mengembangkan
kecakapan visual dan meningkatkan kualitas rasa seni melalui berkarya dan
mengamati lingkungan sekitar. Kecakapan visual atau sering disebut intelegensi
visual (visual Intelligence) adalah kemampuan menanggapi dan memahami bentuk
secara cepat. Kemampuan pemahaman bentuk berkembang
seiring dengan perkembangan otak, pikiran dan perasaannya. Manfaat kemampuan
memahami bentuk sangat banyak, mulai dari kegunaannya untuk belajar, merasakan
hingga menangkap objek secara detail.
Kegiatan menempel, melipat, menggunting maupun merakit merupakan kegiatan yang
biasanya kita temukan di mana saja, bahkan pada anak usia dini pun sudah mulai
diajarkan.
Merakit merupakan teknik membuat karya
dengan cara menyambung-nyambung beberapa bagian / beberapa potong bahan dan hasilnya
disebut sebagai benda rakitan. Potongan bahan tersebut disambung dengan cara
dilem, dilas, dipatri, disekrup, dan dengan cara lain.
Menggunting
merupakan kegiatan memotong sesuatu obyek. Kegiatan menggunting ini berguna
untuk melatih anak agar mampu menggunakan alat, dan melatih keterampilan
memotong objek gambar. Pada anak usia dini, keterampilan yang akan didapat oleh
anak dari kegiatan menggunting yaitu keterampilan mengoperasikan alat gunting
untuk memotong kertas, keterampilan memotong di tempat yang benar, kecermatan
mana yang harus dipotong dan mana yang tidak boleh dipotong, dan kesabaran
dalam proses pemotongan yang memakan waktu yang relatif lama.
Menempel
merupakan kegiatan lanjutan dari menggunting. Kegiatan merakit, menggunting dan
menempel mempunyai tujuan untuk melatih motorik siswa karena dapat diukur dari
hasil keterampilan dalam penempelan gambar. Penempelan gambar dikatakan baik
jika tepat pada tempat yang telah disediakan berupa bentuk kolom kosong yang
terdapat garis pinggirnya untuk membatasi objek gambar yang telah diwarnai.
Sedangkan
kegiatan melipat merupakan kegiatan membentuk kertas agar menjadi objek yang
diinginkan. Dijepang kegiatan melipat kertas sangat terkenal karena
perkembangan kreativitasnya sangat cepat. Seni melipat di jepang dikenal dengan
istilah origami.
Dari
pengertian kegiatan merakit, menggunting, menempel dan melipat di atas dapat
disimpulkan bahwa kegiatan-kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk melatih
motorik halus dan motorik kasar siswa sehingga kegiatan tersebut sangat
bermanfaat bagi siswa itu sendiri.
Bahkan
dengan menggabungkan beberapa teknik-teknik sederhana tersebut kita dapat
menghasilkan sebuah karya seni yang sangat menarik seperti stopmotion. Berikut
adalah langkah-langkah membuat karya stopmotion dengan menggabungkan teknik
menggunting, menempel, merakit dan melipat.
Ø
Alat dan bahan
Alat
|
ü Gunting
ü Cuter
ü Penggaris
ü Kamera
ü Tripod
ü Pensil
ü Spidol
ü Crayon
|
Bahan
|
ü Kertas
koran/majalah bekas
ü Kertas
manila
ü Kertas
origami
ü Lem
|
Tabel 1. Alat dan
bahan
Ø Cara membuat
- Menyiapkan alat dan bahan yang
diperlukan.
- Memilih gambar yang sesuai
dengan tema pada kertas koran atau majalah bekas yang sudah disiapkan
sebelumya.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Menggunting gambar yang telah dipilih. Proses pengguntingan dilakukan 2x. obyek yang sudah digunting sebelumnya ditempel kembali pada kertas putih kemudian digunting lagi agar objek terlihat kontras dengan background ketika ditempel pada kertas manila.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Memberi tambahan seperti mewarnai objek yang
sudah digunting agar gambar terlihat lebih rapi dan estetis.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Melipat kertas sesuai dengan objek yang
dibutuhkan. Teknik melipat ini menggunakan kertas origami.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Menata objek yang sudah digunting
maupun yang sudah dibuat untuk proses pembuatan stopmotion
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Membuat stopmotion dengan menggunakan kamera DSLR. Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan stopmotion ini adalah kamera tidak boleh digerakkan atau berpindah tempat agar background tidak bergerak sehingga pada saat pembuatan stopmotion kamera harus menggunakan tripod.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
Pada pembuatan stopmotion ini kami
menggunakan aplikasi Cyberlink. Foto yang sudah didapatkan (371 image)
disatukan menggunakan aplikasi ini. Kemudian ditambahkan musik agar karya
stopmotion lebih menarik.
- Kegiatan terakhir yaitu merakit dan menempel gambar yang digunakan dalam pembuatan stopmotion sebagai wujud hasil akhir karya.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
- Dan
inilah hasil akhir karya yang kita buat.
Sumber: Dokumentasi
kelompok
Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Perkembangan Peserta Didik – Pertemuan Keduabelas, Jajang Suryana (10 November
2015)
Jusmani,
Deni. 2010. Ruang Lingkup Seni Rupa. terdapat pada http://denijusmani.blogspot.co.id/2010/03/blog-post.html
(diakses tanggal 16 November 2015, pukul 19:48 WITA)
_____.
2014. Mewarnai Menggunting Menempel 3M. terdapat pada http://senirupapgpaud.blogspot.co.id/2014/10/mewarnai-menggunting-menempel-3m-a.html
(diakses tanggal 16 November 2015, pukul 20:04 WITA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar