TELAAH KURIKULUM
Tugas Kedelapan
KURIKULUM
2006 (KTSP)
SENI BUDAYA
TINGKAT PENDIDIKAN SEKOLAH
DASAR, KELAS
III SEMESTER 1
Pada
kurikulum 2006 (KTSP) dalam mata pelajaran seni budaya tingkat sekolah dasar (SD)
pada umumnya dalam mata pelajaran seni budaya ini terdapat empat bidang
kesenian, yaitu: seni rupa, seni musik, seni tari, dan keterampilan.
A. JENIS DAN BENTUK KEGIATAN
1.
Seni
Rupa
ü Menjelaskan
simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
ü Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
ü Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
ü Mengekspresikan
diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.
ü Menjelaskan
simbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
ü Menunjukkan
sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
ü Mengekspresikan
diri melalui gambar imajinatif mengenai alam semesta.
ü Memberi
hiasan atau warna pada benda tiga dimensi
2.
Seni
Musik
Ø Mengidentifikasi
berbagai symbol nada dalam lagu sederhana
Ø Menghubungkan
antara Symbol nada dengan elemen musik
Ø Menghubungkan
antara Symbol nada dengan tempo dalam lagu
Ø Memainkan
alat musik ritmis
Ø Menyanyikan
lagu wajib,lagu daerah,dan lagu anak-anak
Ø Menjelaskan
symbol tempo dalam lagu
Ø Menjelask-an makna ansambel
Ø Menghubungkan
antara symbol nada dengan elemen musik
Ø Menghubungkan
symbol nada dengan tempo dalam lagu
Ø Memainkan
musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis sederhana
Ø Menyanyik-an
lagu daerah dan lagu anak- anak dengan iringan sederhana
3.
Seni
Tari
·
Menjelaskan symbol dalam seni tari
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
simbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap
pertunjukan
·
Menyiapkan tarian pendek bertema tanpa
iringan
·
Menyajikan tarian pendek bertema tanpa
iringan
·
Menghub-ungkan gerak, busana dan
perlengkapan dengan symbol dalam seni tari.
·
Menunjuk-kan sikap apresiatif terhadap
symbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasark-an pengamat-an
pertunjukkan
·
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol
yang terkandung dalam karya seni tari
Nusantara daerah setempat
·
Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema
dengan iringan
·
Menyajikan tarian pendek bertema dengan
iringan
·
Mengadakan Pementasan perpaduan seni tari dan musik
4.
Keterampilan
§ Menampilkan
sifat apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
§ Merancang
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
§ Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
§ Menampilkan
sikap apresiatif terhadap benda yang digerakkan oleh angin
§ Merancang
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas
§ Membuat
benda yang dapat digerakkan oleh angin dari
bahan selain kertas
B. METODE PEMBELAJARAN
1)
Ceramah
Metode Ceramah (Preaching Method) yaitu sebuah metode mengajar
dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah
siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode
ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk
menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur
atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
2)
Diskusi
Metode diskusi (Discussion method), Muhibbin Syah (2000),
mendefinisikan bahwa metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat
hubungannya dengan memecahkan masalah (problem
solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama (socialized recitation).
3)
Latihan
Metode latihan adalah
suatu teknik mengajar yang mendorong siswa untuk melaksanakan kegiatan latihan
agar memiliki ketangkasan atau keterampilan yang lebih tinggi dari apa yang dipelajari.
4)
Pemberian
Tugas
Metode ini adalah metode
penyajian bahan di mana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan
kegiatan belajar.
5)
Tes
Tulis
Metode ini adalah metode
di mana guru memberikan soal yang nantinya akan dikerjakan oleh siswa guna
memberikan penilaian dan menguji ingatan siswa dalam proses belajar.
C. CARA MELAKSANAKAN
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
|
1.
Apersepsi
2.
Salam pembuka
3.
Mengabsen siswa
4.
Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.
Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
|
Kegiatan Inti
|
1.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
ü Menjelaskan
simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
ü Diskusi kelas
tentang simbol seni rupa dua dimensi
|
2.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
ü Diskusi kelompok
tentang unsur-unsur dasar karya seni rupa
ü Guru menugaskan
siswa untuk menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi
|
|
3.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, siswa:
ü Bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
ü Bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
|
|
Kegiatan Akhir
|
Dalam
kegiatan Akhir, guru:
ü Tugas
menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi
|
Tabel 1. Langkah-langkah kegiatan
pembelajaran
Ø Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru melibatkan peserta didik dalam mencari dan menghimpun
informasi, menggunakan media untuk memperkaya pengalaman mengelola informasi, memfasilitasi
peserta didik berinteraksi sehingga peserta didik aktif, medorong peserta didik
mengamati berbagai gejala, menangkap tanda-tanda yang membedakan dengan gejala
pada peristiwa lain, mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
Ø Elaborasi
Dalarn
kegiatan elaborasi, guru mendorong peserta didik membaca dan menuliskan hasil eksplorasi,
mendiskusikan, mendengar pendapat, untuk lebih mendalami sesuatu, menganalisis
kekuatan atau kelemahan argumen, mendalami pengetahuan tentang sesuatu, membangun
kesepakatan melalui kegiatan kooperatif dan kolaborasi, membiasakan peserta didik
membaca dan menulis, menguji prediksi atau hipotesis, menyimpulkan bersama, dan
menyusun laporan atau tulisan, menyajikan hasil belajar.
Ø Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru memberikan umpan balik terhadap apa yang dihasilkan peserta
didik melalui pengalaman belajar, memberikan apresiasi terhadap kekuatan dan kelemahan
hasil belajar dengan menggunakan teori yang dikuasi guru, menambah informasi yang
seharusnya dikuasai peserta didik, mendorong peserta didik untuk menggunakan pengetahuan
lebih lanjut dari sumber yang terpecaya untuk lebih menguatkan penguasaan kompetensi
belajar agar lebih bermakna. Setelah memeperoleh keyakinan, maka peserta didik
mengerjakan tugas-tugas untuk mengasilkan produk belajar yang kongkrit dan kontekstual.
Guru membantu peserta didik menyelesikan masalah dan menerapkan ilmu dalam aktivitas
yang nyata dalam kehidupan sehari-hari.
D. INDIKATOR UTAMA
Seni
Rupa
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
•
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa
dua dimensi
•
Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa
tiga dimensi
•
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap
symbol dalam karya seni rupa tiga dimensi
|
•
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol dalam karya seni rupa
dua dimensi
•
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
•
Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah
setempat.
•
Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai alam semesta.
•
Memberi hiasan atau warna pada benda tiga dimensi
|
Memamerkan
karya seni rupa.
|
Tabel 1. Indikator utama seni rupa
Seni
Musik
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
•
Mengidentifikasi berbagai symbol nada dalam
lagu sederhana
•
Menjelaskan symbol tempo dalam lagu.
•
Menjelask-an makna ansambel.
•
Menghubungkan antara symbol nada dengan
elemen musik.
•
Menghubungkan symbol nada dengan tempo
dalam lagu
|
•
Menghubungkan antara Symbol nada dengan elemen musik
•
Menghubungkan antara Symbol nada dengan tempo dalam lagu
•
Memainkan alat musik ritmis
•
Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis
sederhana
|
•
Menyanyikan lagu wajib,lagu daerah,dan lagu anak-anak
•
Menyanyik-an lagu daerah dan lagu anak- anak dengan iringan
sederhana.
|
Tabel 1. Indikator utama seni musik
Seni
Tari
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
•
Menjelaskan symbol dalam seni tari
•
Menjelaskan symbol tempo dalam lagu.
•
Menjelask-an makna ansambel.
•
Menghubungkan antara symbol nada dengan
elemen musik.
•
Menghubungkan symbol nada dengan tempo
dalam lagu
|
•
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam
karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
•
Menyiapkan tarian pendek bertema tanpa iringan
•
Memainkan musik dalam bentuk ansambel dengan alat musik ritmis
sederhana
|
•
Menyajikan tarian pendek bertema tanpa iringan
•
Menyanyik-an lagu daerah dan lagu anak- anak dengan iringan
sederhana.
|
Tabel 1. Indikator utama seni musik
Keterampilan
TEORI
|
PRAKTIK
|
APRESIASI
|
•
Menampilkan sifat apresiatif terhadap benda
yang digerakkan oleh angin
•
Menampilkan sikap apresiatif terhadap benda
yang digerakkan oleh angin.
|
•
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
•
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan kertas
•
Merancang benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan
selain kertas
|
•
Memamerkan Karya Seni
•
Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin dari bahan selain kertas.
|
Tabel 1. Indikator utama keterampilan
E. PERSENTASE
LOKAL-NASIONAL-INTERNASIONAL
Dalam
Kurikulum KTSP, lebih banyak menekankan persentase Lokal, sekitar 85 %,
dibuktikan dengan bahan ajar dalam RPP,Buku panduan dan konsep KTSP itu sendiri
mengenai materi-materi yang di muat lebih bersifat ke daerah dan budaya lokal
atau sekitar.
Bahan Bacaan:
Materi
Kuliah Telaah Kurikulum – Pertemuan Kedelapan, Presentasi Kelompok 2 [Neli Syamsiyah, Ni Made Kusuma Dewi, Komang Juliawan, Komang Wirya Adnyana, Dewa Putu Sudiarta, dan Kholilolloh] (19 Oktober 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar