TELAAH
KURIKULUM
Tugas Kelima
KURIKULUM
2006 (KTSP) SENI BUDAYA (SENI RUPA) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP),
KELAS VII, SEMESTER 1 & 2
Dalam
Kurikulum 2006 (KTSP) pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) terdapat mata
ajar seni budaya yang di dalamnya terdapat empat bidang kesenian, yaitu seni
rupa, seni music, seni tari, dan seni teater. Pada kesempatan ini kita akan
bahas sedikit tentang kurikuluk seni rupa pa tingkat SMP kelas VII.
A.
KURIKULUM
SENI RUPA TINGKAT SMP, KELAS VII, SEMESTER 1
Standar
kompetensi bidang kesenian pada kurikulum 2006 adalah seni budaya. Di mana pada
semester 1, bidang seni rupa terdapat pada kompetensi inti yang pertama dan
kedua yang isinya adalah KI-1. Mengapresiasi
karya seni rupa; dan KI-2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Di
bawah ini adalah tabel sedikit penjelasan tentang kurikulum seni rupa untuk
kelas VII SMP pada semester 1.
1.
Mengapresiasi
Karya Seni Rupa
Dalam
kompetensi yang pertama ini terdapat dua kompetensi dasar, yakni mengindentifikasi jenis karya
seni rupa terapan daerah setempat dan menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni
rupa terapan daerah setempat.
1.1. Mengindentifikasi jenis karya
seni rupa terapan daerah setempat (KD-1)
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan Pembelajar-an*
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Ü
Pengertian seni, cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni
secara umum.
Ü
Ber-agam jenis, bentuk, teknik pem-buatan dan fungsi karya seni rupa
terapan daerah setempat
|
Ü
Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat
Ü
Meng-klasifikasi seni rupa terapan daerah setempat
|
Ü
Mengiden-tifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
Ü
Mengiden-tifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan
makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
|
Tes tertulis
|
Tes Uraian
|
ÜBerikan 5 contoh hasil karya seni
rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmu
ÜMasing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik
pembuatan dan maknanya
|
2 x 40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
|
Tabel
1. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-1
1.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik
karya seni rupa terapan daerah setempat (KD-2)
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar-an*
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Ü Metoda diskusi
Ü Teknik penulisan hasil diskusi
Ü Teknik presentasi
|
Ü Mendisku-sikan keragaman jenis, bentuk, fungsi dan makna karya seni rupa terapan daerah
setempat
Ü
Menulis hasil diskusi tentang tanggapan terhadap keunikan karya seni rupa
terapan daerah setem-pat
Ü
Mempre-sentasikan hasil diskusi
|
Ü Mendes-kripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan
karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
|
Tes prak-tik/ kinerja
|
Tes iden-
tifikasi
|
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa
tanggapan tentang keunikan gagasan, teknik seni rupa terapan daerahmu
|
2 x 40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
|
Tabel
2. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-1
Tujuan
pembelajaran dari kompetensi yang pertama ini adalah sebagai berikut:
Ø
Siswa
mampu mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat;
Ø Siswa mampu mengidentifikasi beragam jenis, bentuk,
teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat;
Ø Siswa mampu mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan
makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat;
dan
Ø
Siswa
mampu membuat tanggapan tertulis tentang keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat.
Sedangkan
metode pembelajaran yang digunakan untuk kompetensi yang pertama ini adalah pendekatan kontekstual, diskusi, tanya jawab dan tugas.
2.
Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
Pada
kompetensi yang kedu ini terdapat tiga kompetensi dasar, di antaranya adalah menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
tiga dimensi dari daerah setempat; merancang karya seni kriya dengan
memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat; dan membuat karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat.
2.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan
tiga dimensi dari daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar-an *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Gambar bentuk
benda kubistis dan silindris (teknik perspektif, teknik arsir, komposisi,
gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah
setempat
|
Ü Membaca referensi
Ü Membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris
karya seni rupa daerah setempat
|
Ü Membuat
sketsa gambar benda silindris dan kubistis
Ü Membuat
gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
Tes prak-tik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
·
Gambarlah sebuah benda kubistis
yang tingginya melebihi tinggi mata dan sebuah benda silindris yang tingginya
setengah tinggi mata, keduanya dikem-bangkan dari karya seni rupa tiga
dimensi daerahmu
|
2 x 40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
|
Tabel
3. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-2
2.2. Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik
dan corak daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar--an *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Karya seni
rupa daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai, benda hias antara lain
dari segi motif, corak, teknik dan
sebagainya
|
Ü Membuat desain karya seni kriya untuk benda pakai
dengan teknik dan corak daerah setempat
Ü Membuat ukuran
pada disain, menentu-kan bahan dan teknik pembuat-annya
|
Ü Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak
daerah setempat
Ü Menentu-kan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda
pakai
|
Tes praktik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Buat
gambar disain/gambar kerja untuk benda pakai
dari bahan kayu dengan teknik dan corak daerahmu
|
2 x 40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
|
Tabel
4. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-2
2.3. Membuat karya seni kriya
dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan Pembelajar-an *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Ü Teknik-teknik pembuatan benda pakai
Ü Corak-corak ragam hias daerah setempat
|
Ü
Membuat benda
pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
Ü
Membuat hiasan pada benda pakai
|
Ü
Membuat benda pakai dengan meman-faatkan teknik seni kriya daerah setempat
Ü
Membuat hiasan pada benda pakai
dengan corak seni rupa daerah setempat
|
Tes prak-tik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Buatlah benda pakai sesuai dengan gambar disainmu dan berikan hiasan
dengan corak seni rupa daerahmu
|
2x40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
|
Tabel
5. Penjelasan tentang KD-3 dari KI-2
Tujuan
pembelajaran dari kompetensi yang kedua ini adalah sebagai berikut:
ü Membuat
sketsa gambar benda silindris dan kubistis;
ü Membuat
gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah
setempat;
ü Siswa mampu membuat disain benda pakai dengan teknik dan
corak daerah setempat;
ü Siswa mampu menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan
benda pakai;
ü Siswa mampu membuat benda pakai dengan memanfaatkan
teknik seni kriya daerah setempat; dan
ü Siswa mampu membuat
hiasan pada benda pakai dengan
corak seni rupa daerah setempat
Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan pada
kompetensi yang kedua ini adalah metode pembelajaran pendekatan
CTL(Contextual
Teaching and Learning), dan pemberian tugas.
B.
KURIKULUM
SENI RUPA TINGKAT SMP, KELAS VII, SEMESTER 2
Pada
semester 2 ini, bidang seni rupa terletak pada kompetensi inti yang kesembilan dan
kesepuluh yang isinya sama dengan KI-1 dan KI-2 pada semester 1.
9.
Mengapresiasi
karya seni rupa
Pada kimpetensi ini terdapat
dua kompetensi dasar, yakni mengindetifikasi
jenis karya seni rupa terapan daerah setempat dan menampilkan sikap apresiatif
terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat.
9.1. Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah
setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar-an *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Karya seni rupa terapan
daerah setempat
|
Mengumpul-kan data berupa gambar
contoh karya seni rupa terapan daerah
setempat
|
Ü Mengiden-tifikasi
karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Mendis-kripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasar-kan teknik pembuat-annya
|
Penu-gasan indi-vidu/ kel-ompok
|
Tugas rumah
|
Kumpulkan
data berupa gambar-gambar karya seni rupa terapan di daerahmu dan buatlah
diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan daerahmu
|
2 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik,
dan
Ling-kungan sekitar
karya pribadi
|
Tabel
6. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-9
9.2. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan
teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar-an *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Apresiasi karya seni rupa
terapan daerah setempat
|
Membuat kliping tentang karya
seni rupa terapan daerah setempat
|
Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik
karya seni rupa terapan daerah setempat
|
Penu-gasan indi-vidu/ kel-ompok
|
Tugas Proyek
|
Buatlah
kliping dengan mengambil data gambar
berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan tentang keunikan gagasan dan teknik
pembuatan hasil seni rupa terapan
daerahmu
|
2 x 40 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik,
dan
Lingku-ngan sekitar
karya pribadi
|
Tabel
7. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-9
Tujuan
pembelajaran dari kompetensi yang kesembilan ini adalah:
v Siswa mampu Mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setempat;
v Siswa mampu Mendiskripsikan
karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya;
dan
v Siswa mampu Membuat
tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya
seni rupa terapan daerah setempat
10. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Pada
kompetensi yang kesepuluh ini terdapat pula dua kompetensi dasar yaitu menggambar bentuk dengan obyek
karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat dan membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat.
10.1. Menggambar bentuk dengan obyek
karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan Pembelajar-an *
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Ü
Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan
tiga dimensi daerah setempat
Ü
Bentuk-bentuk topeng
|
Ü
Mengamati contoh-contoh karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah
setempat
Ü
Membuat gambar bentuk topeng
|
Ü
Membuat sketsa gambar topeng
Ü
Menggambar
bentuk topeng dari daerah setempat
|
Tes prak-tik/
kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Buatlah gambar
topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,
|
2 x 40 jp
|
Media cetak’
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Karya pribadi
|
Tabel
8. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-10
10.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah
setempat
Materi
Pembelajar-an
|
Kegiatan
Pembelajar-an *
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Tek-nik
|
Bentuk Instru-men
|
Contoh
Instrumen
|
|||||
Ü Teknik
pembuatan topeng
ÜCorak ragam hias
topeng dari daerah setempat
|
Membuat topeng dengan teknik
dan corak daerah setempat
|
Membuat topeng dengan teknik
dan corak daerah setempat
|
Tes prak-tik/ kinerja
|
Uji Petik Kerja
|
Buatlah sebuah topeng yang
mencermin- kan kekhasan dan corak daerahmu
|
4 jp
|
Media cetak,
Media elektro-nik,
dan
Lingku-ngan sekitar
Karya pribadi
|
Tabel
9. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-10
Tujuan
pembelajaran pada kompetensi yang kesepuluh ini adalah sebagai berikut:
| Siswa mampu Membuat sketsa gambar topeng;
| Siswa mampu Menggambar bentuk topeng
dari daerah setempat; dan
| Siswa mampu Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah
setempat.
Pada semester 2 ini metode pembelajaran yang digunakan adalah
metode pembelajaran pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning),
dan pemberian tugas.
Bahan
Bacaan:
Materi Kuliah Telaah
Kurikulum – Pertemuan Kelima, Presentasi Kelompok 3 [Putu Ari
Widana, I Kadek Budiana, Cadex Agus Arya Gunawan, Pt Sumerta Adi Putra, Fitri
Ayu Nurjannatin, dan Komang Marta Wira Miharja] (21 September 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar