Jumat, 06 November 2015

TELAAH KURIKULUM



TELAAH KURIKULUM
Tugas Kelima
KURIKULUM 2006 (KTSP) SENI BUDAYA (SENI RUPA) TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP), KELAS VII, SEMESTER 1 & 2
Dalam Kurikulum 2006 (KTSP) pada tingkat sekolah menengah pertama (SMP) terdapat mata ajar seni budaya yang di dalamnya terdapat empat bidang kesenian, yaitu seni rupa, seni music, seni tari, dan seni teater. Pada kesempatan ini kita akan bahas sedikit tentang kurikuluk seni rupa pa tingkat SMP kelas VII.
A.    KURIKULUM SENI RUPA TINGKAT SMP, KELAS VII, SEMESTER 1
Standar kompetensi bidang kesenian pada kurikulum 2006 adalah seni budaya. Di mana pada semester 1, bidang seni rupa terdapat pada kompetensi inti yang pertama dan kedua yang isinya adalah KI-1. Mengapresiasi karya seni rupa; dan KI-2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Di bawah ini adalah tabel sedikit penjelasan tentang kurikulum seni rupa untuk kelas VII SMP pada semester 1.
1.      Mengapresiasi Karya Seni Rupa
Dalam kompetensi yang pertama ini terdapat dua kompetensi dasar, yakni mengindentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat dan menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat.
1.1.     Mengindentifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat (KD-1)
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Ü Pengertian seni, cabang-cabang seni, unsur-unsur seni, sifat dasar seni secara umum.
Ü Ber-agam jenis, bentuk, teknik pem-buatan dan fungsi karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Membaca referensi tentang seni rupa daerah setempat
Ü Meng-klasifikasi seni rupa terapan daerah setempat
Ü Mengiden-tifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat
Ü Mengiden-tifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat.
Tes tertulis
Tes Uraian
ÜBerikan  5 contoh hasil karya seni rupa terapan dan 5 contoh hasil karya seni rupa murni yang ada di daerahmu
ÜMasing-masing contoh berikan penjelasan tentang bahan, fungsi, teknik pembuatan dan maknanya
2 x 40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Tabel 1. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-1
1.2.     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat (KD-2)
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Ü Metoda diskusi
Ü Teknik penulisan hasil diskusi
Ü Teknik presentasi
Ü Mendisku-sikan keragaman jenis, bentuk, fungsi  dan makna karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Menulis hasil diskusi tentang tanggapan terhadap keunikan karya seni rupa terapan daerah setem-pat
Ü Mempre-sentasikan hasil diskusi
Ü Mendes-kripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat
Tes prak-tik/ kinerja
Tes iden-     tifikasi
Presentasikan hasil diskusi kelompokmu berupa   tanggapan tentang keunikan gagasan, teknik seni rupa terapan daerahmu
2 x 40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Tabel 2. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-1
Tujuan pembelajaran dari kompetensi yang pertama ini adalah sebagai berikut:
Ø  Siswa mampu mengidentifikasi karya seni rupa terapan daerah setepat;
Ø  Siswa mampu mengidentifikasi beragam jenis, bentuk, teknik pembuatan, fungsi dan makna pada karya seni rupa terapan daerah setempat;
Ø  Siswa mampu mendeskripsikan beragam fungsi bentuk dan makna pada keunikan karya seni rupa terapan daerah setempat; dan
Ø  Siswa mampu membuat tanggapan tertulis tentang keunikan  karya seni rupa terapan daerah setempat.
Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan untuk kompetensi yang pertama ini adalah pendekatan kontekstual, diskusi, tanya jawab dan tugas.
2.      Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Pada kompetensi yang kedu ini terdapat tiga kompetensi dasar, di antaranya adalah menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat; merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat; dan membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat.
2.1.     Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Gambar bentuk benda kubistis dan silindris (teknik perspektif, teknik arsir, komposisi, gelap terang) penggunaan media dalam menggambar bentuk karya seni rupa daerah setempat
Ü Membaca referensi
Ü Membuat gambar bentuk benda kubistis dan silindris karya seni rupa daerah setempat
Ü  Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis
Ü  Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat
Tes prak-tik/ kinerja
Uji Petik Kerja
·    Gambarlah sebuah benda kubistis yang  tingginya melebihi tinggi mata  dan sebuah benda silindris yang tingginya setengah tinggi mata, keduanya dikem-bangkan dari karya seni rupa tiga dimensi daerahmu
2 x 40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Tabel 3. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-2
2.2.     Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar--an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Karya seni rupa daerah setempat meliputi: pengertian benda pakai, benda hias antara lain dari segi motif, corak, teknik  dan sebagainya
Ü Membuat desain karya seni kriya untuk benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
Ü Membuat  ukuran pada disain, menentu-kan bahan dan teknik pembuat-annya
Ü Membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
Ü Menentu-kan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai
Tes praktik/ kinerja
Uji Petik Kerja
Buat gambar disain/gambar kerja untuk benda pakai  dari bahan kayu dengan teknik dan corak daerahmu
2 x 40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Tabel 4. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-2
2.3.     Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Ü Teknik-teknik pembuatan benda pakai
Ü Corak-corak ragam hias daerah setempat
Ü Membuat benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat
Ü Membuat  hiasan pada benda pakai
Ü Membuat benda pakai dengan meman-faatkan teknik  seni kriya daerah setempat
Ü Membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat
Tes prak-tik/ kinerja
Uji Petik Kerja
Buatlah benda pakai sesuai dengan gambar disainmu dan berikan hiasan dengan corak seni rupa daerahmu
2x40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Tabel 5. Penjelasan tentang KD-3 dari KI-2
Tujuan pembelajaran dari kompetensi yang kedua ini adalah sebagai berikut:
ü  Membuat sketsa gambar benda silindris dan kubistis;
ü  Membuat gambar benda kubistis dan silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat;
ü  Siswa mampu membuat disain benda pakai dengan teknik dan corak daerah setempat;
ü  Siswa mampu menentukan ukuran, bahan dan teknik pembuatan benda pakai;
ü  Siswa mampu membuat benda pakai dengan memanfaatkan teknik  seni kriya daerah setempat; dan
ü  Siswa mampu membuat  hiasan pada benda pakai dengan  corak seni rupa daerah setempat
Sedangkan metode pembelajaran yang digunakan pada kompetensi yang kedua ini adalah metode pembelajaran pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning), dan pemberian tugas.
B.     KURIKULUM SENI RUPA TINGKAT SMP, KELAS VII, SEMESTER 2
Pada semester 2 ini, bidang seni rupa terletak pada kompetensi inti yang kesembilan dan kesepuluh yang isinya sama dengan KI-1 dan KI-2 pada semester 1.
9.      Mengapresiasi karya seni rupa
Pada kimpetensi ini terdapat dua kompetensi dasar, yakni mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat dan menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat.
9.1.     Mengindetifikasi jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Karya seni rupa terapan daerah setempat
  
Mengumpul-kan data berupa gambar contoh karya seni rupa terapan  daerah setempat
Ü Mengiden-tifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat
Ü Mendis-kripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasar-kan teknik pembuat-annya
Penu-gasan indi-vidu/ kel-ompok
Tugas rumah
Kumpulkan data berupa gambar-gambar karya seni rupa terapan di daerahmu dan buatlah diskripsi ciri-ciri khusus karya seni rupa terapan daerahmu
2 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Ling-kungan sekitar
karya pribadi
Tabel 6. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-9
9.2.     Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Apresiasi karya seni rupa terapan daerah setempat
Membuat kliping tentang karya seni rupa terapan daerah setempat
Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat
Penu-gasan indi-vidu/ kel-ompok
Tugas Proyek
Buatlah kliping dengan mengambil data  gambar berikut diskripsinya dari tugas sebelumnya dan berikan tanggapan  tentang keunikan gagasan dan teknik pembuatan hasil seni rupa terapan  daerahmu 
2 x 40 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
karya pribadi
Tabel 7. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-9
Tujuan pembelajaran dari kompetensi yang kesembilan ini adalah:
v  Siswa mampu Mengidentifikasi  karya seni rupa terapan daerah setempat;
v  Siswa mampu Mendiskripsikan karya seni rupa terapan daerah setempat berdasarkan teknik pembuatannya; dan
v  Siswa mampu Membuat tanggapan tertulis dalam bentuk kliping tentang keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa terapan daerah setempat

10.  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Pada kompetensi yang kesepuluh ini terdapat pula dua kompetensi dasar yaitu menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat dan membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat.
10.1. Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan tiga dimensi dari daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Ü Macam-macam jenis, bentuk, dan karakter hasil karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
Ü Bentuk-bentuk topeng
Ü Mengamati contoh-contoh karya seni rupa terapan tiga dimensi daerah setempat
Ü Membuat gambar bentuk topeng
Ü Membuat sketsa gambar topeng
Ü Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat
Tes prak-tik/ kinerja
Uji Petik Kerja
Buatlah gambar  topeng yang ada di daerahmu, menggunakan media yang kamu miliki,
2 x 40 jp
Media cetak’
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Karya pribadi
Tabel 8. Penjelasan tentang KD-1 dari KI-10
10.2. Membuat karya seni kriya dengan teknik dan corak daerah setempat
Materi
Pembelajar-an
Kegiatan Pembelajar-an *
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Tek-nik
Bentuk Instru-men
Contoh
Instrumen
Ü Teknik pembuatan topeng
ÜCorak ragam hias topeng dari daerah setempat
Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat
Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat
Tes prak-tik/ kinerja
Uji Petik Kerja
Buatlah sebuah topeng yang mencermin- kan kekhasan  dan  corak daerahmu
4 jp
Media cetak,
Media elektro-nik, dan
Lingku-ngan sekitar
Karya pribadi
Tabel 9. Penjelasan tentang KD-2 dari KI-10
Tujuan pembelajaran pada kompetensi yang kesepuluh ini adalah sebagai berikut:
|  Siswa mampu Membuat sketsa gambar topeng;
|  Siswa mampu Menggambar bentuk topeng dari daerah setempat; dan
|  Siswa mampu Membuat topeng dengan teknik dan corak daerah setempat.
Pada semester 2 ini metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning), dan pemberian tugas.




Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Telaah KurikulumPertemuan Kelima, Presentasi Kelompok 3 [Putu Ari Widana, I Kadek Budiana, Cadex Agus Arya Gunawan, Pt Sumerta Adi Putra, Fitri Ayu Nurjannatin, dan Komang Marta Wira Miharja] (21 September 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar