Jumat, 06 November 2015

PROFESI KEPENDIDIKAN



PROFESI KEPENDIDIKAN
Tugas Keempat
PRINSIP PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA
            Ki Hajar Dewantara terkenal dengan motonya yang berbunyi “Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” yang artinya jika seorang pendidik berada di depan, ia menjadi teladan bagi peserta didiknya. Jika ia berada di tengah, maka ia sebagai penyemangat dan penggagas bagi para peserta didiknya untuk berkarya. Dan jika ia berada di belakang, ia sebagai pendorang dan motivator bagi para peserta didiknya agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab dengan apa yang diperbuat.
            Dalam konsep barat moto dari Ki Hajar Dewantara ini di kenal dengan konsep konstruktivisme. Di Indonesia moto ini diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang mementingkan atau menitikberatkan pada kebudayaan yang dimiliki Indonesia.
            Konsep pendidikan yang seperti ini disebut sebagai konsep pendidikan taman siswa, yang di mana di dalamnya dikenal sistem among.  Pada konsep taman siswa ini dikenal dengan prinsip manusia merdeka, yaitu manusia yang merdeka fisik maupun psikisnya. Namun semua kemerdekaan itu tetap dibatasi oleh tertib damainya kehidupan bersama (kebebasan, toleransi, kebersamaan, demokrasi, tanggung jawab, dan disiplin).
Ü Guru yang efektif dalam konsep Ki Hajar Dewantar
a.       Memiliki keunggulan dalam mengajar (fasilitator)
b.      Memiliki hubungan yang baik dan bagus (relasi-komunikasi) dengan peserta didik, komunitas sekolah, dan komunitas pendukung sekolah (stoke holder)
c.       Memiliki administrasi yang baik dan bagus
Ü Kompetensi dasar guru
a.       Kompetensi guru dalam konsep Ki Hajar Dewantara
1.      Paedagogik
2.      Kepribadian
3.      Sosial
4.      Profesional
b.      Sepuluh kompetensi guru dalam P3G Depdikbud tahun 1980, yaitu:
1.      Menguasai bahan ajar
2.      Mengelola program belajar mengajar
3.      Mengelola kelas
4.      Menggunakan media dan sumber belajar
5.      Menguasai landasan kependidikan
6.      Mengelola interaksi belajar mengajar
7.      Memiliki prestasi belajr siswa
8.      Mengenal fungsi dan program pelayana BP/BK
9.      Mengenal dan ikut menyelenggarakan administrasi sekolah
10.  Memahami prinsip penelitian pendidikan dan menafsirkannya untuk pembelajaran


Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Profesi Kependidikan – Pertemuan Keempat, Jajang Suryana (16 September 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar