PROFESI
KEPENDIDIKAN
Tugas Keempat
PRINSIP
PENDIDIKAN MENURUT KI HAJAR DEWANTARA
Ki Hajar Dewantara terkenal dengan motonya yang berbunyi “Ing Ngarso Sing Tulodo, Ing Madyo Mangun
Karso, Tut Wuri Handayani” yang artinya jika seorang pendidik berada di depan,
ia menjadi teladan bagi peserta didiknya. Jika ia berada di tengah, maka ia
sebagai penyemangat dan penggagas bagi para peserta didiknya untuk berkarya. Dan
jika ia berada di belakang, ia sebagai pendorang dan motivator bagi para peserta
didiknya agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggung jawab dengan apa
yang diperbuat.
Dalam
konsep barat moto dari Ki Hajar Dewantara ini di kenal dengan konsep
konstruktivisme. Di Indonesia moto ini diprakarsai oleh Ki Hajar Dewantara yang
mementingkan atau menitikberatkan pada kebudayaan yang dimiliki Indonesia.
Konsep
pendidikan yang seperti ini disebut sebagai konsep pendidikan taman siswa, yang
di mana di dalamnya dikenal sistem among.
Pada konsep taman siswa ini dikenal dengan prinsip manusia merdeka,
yaitu manusia yang merdeka fisik maupun psikisnya. Namun semua kemerdekaan itu
tetap dibatasi oleh tertib damainya kehidupan bersama (kebebasan, toleransi,
kebersamaan, demokrasi, tanggung jawab, dan disiplin).
Ü Guru yang efektif dalam konsep Ki Hajar Dewantar
a.
Memiliki keunggulan
dalam mengajar (fasilitator)
b.
Memiliki
hubungan yang baik dan bagus (relasi-komunikasi) dengan peserta didik,
komunitas sekolah, dan komunitas pendukung sekolah (stoke holder)
c. Memiliki administrasi yang baik dan bagus
Ü Kompetensi dasar guru
a.
Kompetensi guru
dalam konsep Ki Hajar Dewantara
1.
Paedagogik
2.
Kepribadian
3.
Sosial
4. Profesional
b.
Sepuluh
kompetensi guru dalam P3G Depdikbud tahun 1980, yaitu:
1.
Menguasai bahan
ajar
2.
Mengelola program
belajar mengajar
3.
Mengelola kelas
4.
Menggunakan
media dan sumber belajar
5.
Menguasai
landasan kependidikan
6.
Mengelola interaksi
belajar mengajar
7.
Memiliki
prestasi belajr siswa
8.
Mengenal fungsi
dan program pelayana BP/BK
9.
Mengenal dan
ikut menyelenggarakan administrasi sekolah
10. Memahami prinsip penelitian pendidikan dan
menafsirkannya untuk pembelajaran
Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Profesi Kependidikan –
Pertemuan Keempat, Jajang Suryana (16 September 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar