Jumat, 06 November 2015

TELAAH KURIKULUM



TELAAH KURIKULUM
Tugas Ketujuh
KURIKULUM 2013 SENI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) – TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL SINGARAJA, KELOMPOK USIA: A (4- 5 TAHUN) SEMESTER 1
A.    KOMPETENSI INTI, KOMPETENSI DASAR, DAN INDIKATOR
Pada kurikulum 2013 tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat empat kompetensi inti, yaitu KI-1. Menerima ajaran agama yang diautnya; KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dalam keluarga, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman; KI-3. Mengenal diri, keluarga, teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan; dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain; dan KI-4. Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku berakhlak mulia.
1.      Menerima ajaran agama yang diautnya.
Pada kompetensi yang pertama ini terdapat dua kompetensi dasar indicator pelaksanaannya. Di bawah ini adalah tabel kompetensi dasar dan indicator:
Kompetensi Dasar
Indikator
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya.
Ø Menyebutkan ciptaan-ciptaan Tuhan: manusia, bumi, langit, tanaman dan hewan.
Ø Memberi makanan kepada hewan: menyiram tanaman, menyayangi sesame teman.
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
Ø Dapat memuji teman/orang lain
Ø Menghargai hasil karya teman/orang lain
Ø Menghargai keunggulan teman/orang lain
Tabel 3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-1
2.      Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dalam keluarga, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman.
Di bawah ini adalah kompetensi dasar dan indicator pada kompetensi yang kedua:
Kompetensi Dasar
Indikator
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat.
Ø Menjaga kebersihan diri sendiri
Ø Membuang sampah pada tempatnya
Ø Memelihara lingkungan misalnya, tidak mencoret-coret tembok
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin tahu.
Ø Berani bertanya kepada guru, teman, dan orang lain.
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
Ø Sabar menunggu giliran
Ø Mendengarkan guru dan teman bicara
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
_
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya diri
Berani tampil ke depan
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan.
Datang ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain bicara) untuk melatih kedisiplinan
Ø Sabar menunggu giliran
Ø Mendengarkan guru dan teman berbicara
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian.
Ø Memelihara milik sendiri
Ø Mampu mengerjakan tugas
Ø Berani mempertahankan pendapat
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika dimintai bantuannya.
Ø Meminjamkan miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Ø Mau berbagi miliknya, misal: makan, mainan, dll
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika dimintai bantuannya.
Ø Meminjamkan miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Ø Mau berbagi miliknya, misal: makan, mainan, dll
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama.
Membantu teman, dan menunjukkan rasa empati, menyelesaikan tugas dengan kelompok
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri.
Ø Mengucapkan doa-doa pendek
Ø Mau berpisah dengan ibu
Memiliki perilaku yang mencerminkan tanggung jawab.
Menyelesaikan tugas yang diberikan guru
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur.
Bersikap jujur
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun kepada orang tua, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman.

Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Tabel 3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-2
3.      Mengenal diri, keluarga, teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra (melihat, mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya; mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan; dan mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain.
Berikut ini adalah kompetensi dasar dan indicator pada kompetensi yang ketiga:
Kompetensi Dasar
Indikator
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari.
Mulai mengucapkan do’a-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan agama yang di anutnya
Mengenal prilaku baik, sebagai cerminan akhlak mulia.
Berperilaku sopan, dan peduli melalui perkataan dan perbuatan secara spontan, misal: mengucapkan maaf, permisi, terima kasih
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motrik kasar dan motoric halus.
Melakukan berbagai kegiatan motorik kasar dan halus yang seimbang, terkontrol, dan lincah
Mengetahui cara hidup sehat.
Mulai melakukan hidup bersih dan sehat
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berprilaku kreatif.
Mampu memecahkan sendiri masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lain.
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda dengan pasangannya
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi).
Menyebutkan tempat di lingungan sekitar
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll).
Menunjuk nama dan kegunaan benda-benda alam
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll).
Mengenali bahan-bahan pembuatan teknologi sederhana
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca).
Ø Menceritakan kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melakukan perintah sederhana sesuai dengan aturan yang di sampaikan 
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal).
Ø Menceritakan gambar yang ada di buku
Ø Berbicara sesuai dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpenapat)
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain.
Menulis huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara meniru
Mengenal emosi diri dan orang lain.
Menjalin pertemanan dengan anak lain
Mengenal kebutuhan, keinginan, dan minat diri.
Meilih satu macam dari dua sampai tiga pilihan yang tersedia  (misalnya: Mainan, Makanan, Pakaian)
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni.
Menghhargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal, dengan bertepuk tangan dan memuji
Tabel 3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-3
4.      Menunjukkan yang diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku berakhlak mulia.
Tabel berikut merupakan kompetensi dasar dan indikatir pada kompetensi inti yang terakhir:
Kompetensi Dasar
Indikator
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
Mulai menunjukkan sikap mau menolong orangtua, pendidik dan teman
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motoric kasar dan halus
Ø Menunjukkan kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat, dan berlari secara terkoordinasi
Ø Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu menangkap bola dengan cepat
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenali bagian tubuh yang harus dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan, termasuk kekerasan seksual
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
Melanjutkan kegiatan sampai selesai
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan memasangkan benda dengan pasangannya
Menyajikan berbagai hasil karya yang berhubungan dengan lingkungan social (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh
Menyebutkan dan mengetahui perlengkapan/ atribut yang berhubungan dengan pekerjaan orang-orang yang berada disekitarnya
Menyajikan karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bernyanyi, dan gerak tubuh
Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berubungan dengan benda-benda yang ada di lingkungan alam
Menggunakan teknologi sederhana, untuk menyelesaikan tugas dan kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan pertukangan, dll)
Mengenali cara bercocok tanam secara modern
Menunjukan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
Ø Menceritakan kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melaksanakan peri tah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan
Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal)
Ø Menceritakan gambar yang ada pada buku
Ø Berbicara sesuai dengan kebutuhan ( kapan harus bertanya dan berpendapat)
Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
Ø Menceritakan isi buku walaupun tidak sama tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
Ø Menghubungkan benda benda konkret dengan lambing bilangan 1-10
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
Memilih satu dari berbagai kegiatan benda yang disediakan
Menunjukan karya dan aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
 Menampilkan karya seni sederhana didepan anak atau orang lain
Tabel 3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-4
B.     METODE PEMBELAJARAN
Metode pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 pada umumnya adalah metode saintifik. Begitu juga dengan pada kurikulum di PAUD metode yang digunakan adalah metode pembelajaran saintifik.
Berpikir saintifik adalah kemampuan berpikir dalam memahami masalah, menganalisa, mencari pemecahannya, dan menghasilkan sesuatu yang inovatif dan kreatif. Pendekatan saintifik pada PAUD merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.
Selain itu juga metode tematik juga digunakan dalam PAUD, karena pada masa-masa PAUD ini anak didik perlu penanaman tentang konsep-konsep sederhana yang benar.
C.    PRESENTASE LOKAL, NASIONAL DAN INTERNASIONAL
Pada umumnya dalam kurikulum 2013, presentase Nasional lebih banyak ditekankan. Dibuktikan dengan pembahasan kompetensi dasar yang bersifat umum.



Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Telaah KurikulumPertemuan Ketujuh, Presentasi Kelompok 1 [Febri Indra Laksmana, Nouval Aiman, Nurul Iman, Kadek Susila Priangga, Nurur Rahman, dan Rido Amriadi] (12 Oktober 2015)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar