TELAAH KURIKULUM
Tugas Ketujuh
KURIKULUM
2013 SENI TINGKAT PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) – TK AISYIYAH BUSTANUL
ATHFAL SINGARAJA, KELOMPOK USIA: A (4- 5 TAHUN) SEMESTER 1
A.
KOMPETENSI
INTI, KOMPETENSI DASAR, DAN INDIKATOR
Pada
kurikulum 2013 tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terdapat empat
kompetensi inti, yaitu KI-1. Menerima ajaran agama yang diautnya; KI-2. Memiliki perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif
dan estetis, percaya diri, disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu
menyesuaikan diri, jujur, dan santun dalam berinteraksi dalam keluarga,
pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman; KI-3. Mengenal diri,
keluarga, teman, pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi,
seni, dan budaya di rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara:
mengamati dengan indra (melihat, mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya;
mengumpulkan informasi; mengolah informasi/mengasosiasikan; dan
mengkomunikasikan melalui kegiatan bermain; dan KI-4. Menunjukkan yang
diketahui, dirasakan, dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music,
gerakan, dan karya secara produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku
berakhlak mulia.
1.
Menerima ajaran agama yang diautnya.
Pada kompetensi yang pertama ini terdapat dua
kompetensi dasar indicator pelaksanaannya. Di bawah ini adalah tabel kompetensi
dasar dan indicator:
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mempercayai adanya Tuhan melalui ciptaan-Nya.
|
Ø Menyebutkan
ciptaan-ciptaan Tuhan: manusia, bumi, langit, tanaman dan hewan.
Ø Memberi makanan
kepada hewan: menyiram tanaman, menyayangi sesame teman.
|
Menghargai diri sendiri, orang lain, dan lingkungan
sekitar sebagai rasa syukur kepada Tuhan.
|
Ø Dapat memuji
teman/orang lain
Ø Menghargai hasil
karya teman/orang lain
Ø Menghargai
keunggulan teman/orang lain
|
Tabel
3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-1
2.
Memiliki
perilaku hidup sehat, rasa ingin tahu, kreatif dan estetis, percaya diri,
disiplin, mandiri, peduli, mampu bekerja sama, mampu menyesuaikan diri, jujur,
dan santun dalam berinteraksi dalam keluarga, pendidik, dan/atau pengasuh, dan
teman.
Di
bawah ini adalah kompetensi dasar dan indicator pada kompetensi yang kedua:
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan hidup sehat.
|
Ø Menjaga
kebersihan diri sendiri
Ø Membuang sampah
pada tempatnya
Ø Memelihara
lingkungan misalnya, tidak mencoret-coret tembok
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap ingin
tahu.
|
Ø Berani bertanya kepada guru,
teman, dan orang lain.
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kreatif
|
Ø Sabar menunggu
giliran
Ø Mendengarkan
guru dan teman bicara
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap estetis
|
_
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap percaya
diri
|
Berani tampil ke depan
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat
terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan.
|
Datang ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada
tempatnya
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sabar (mau
menunggu giliran, mau mendengar ketika orang lain bicara) untuk melatih
kedisiplinan
|
Ø Sabar menunggu giliran
Ø Mendengarkan guru dan teman berbicara
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan kemandirian.
|
Ø Memelihara milik sendiri
Ø Mampu mengerjakan tugas
Ø Berani mempertahankan pendapat
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan
mau membantu jika dimintai bantuannya.
|
Ø Meminjamkan miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Ø Mau berbagi miliknya, misal: makan, mainan, dll
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan
mau membantu jika dimintai bantuannya.
|
Ø Meminjamkan miliknya dengan senang hati
Ø Menggunakan barang orang lain dengan hati-hati
Ø Mau berbagi miliknya, misal: makan, mainan, dll
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama.
|
Membantu teman,
dan menunjukkan rasa empati, menyelesaikan tugas dengan kelompok
|
Memiliki perilaku yang dapat menyesuaikan diri.
|
Ø Mengucapkan doa-doa pendek
Ø Mau berpisah dengan ibu
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan tanggung jawab.
|
Menyelesaikan tugas yang diberikan guru
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap jujur.
|
Bersikap jujur
|
Memiliki perilaku yang mencerminkan sikap santun
kepada orang tua, pendidik, dan/atau pengasuh, dan teman.
|
Menggunakan barang
orang lain dengan hati-hati
|
Tabel
3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-2
3.
Mengenal diri, keluarga, teman,
pendidik, dan/atau pengasuh, lingkungan sekitar, teknologi, seni, dan budaya di
rumah, tempat bermain, dan satuan PAUD dengan cara: mengamati dengan indra
(melihat, mencium, meraba, mendengar, merasa); menanya; mengumpulkan informasi;
mengolah informasi/mengasosiasikan; dan mengkomunikasikan melalui kegiatan
bermain.
Berikut
ini adalah kompetensi dasar dan indicator pada kompetensi yang ketiga:
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Mengenal kegiatan beribadah sehari-hari.
|
Mulai mengucapkan do’a-doa pendek dan melakukan ibadah sesuai dengan
agama yang di anutnya
|
Mengenal prilaku baik, sebagai cerminan akhlak mulia.
|
Berperilaku sopan, dan peduli melalui perkataan dan perbuatan secara
spontan, misal: mengucapkan maaf, permisi, terima kasih
|
Mengenal anggota tubuh, fungsi, dan gerakannya untuk pengembangan motrik
kasar dan motoric halus.
|
Melakukan berbagai kegiatan
motorik kasar dan halus yang seimbang,
terkontrol, dan lincah
|
Mengetahui cara hidup sehat.
|
Mulai melakukan hidup bersih dan sehat
|
Mengetahui cara memecahkan masalah sehari-hari dan berprilaku kreatif.
|
Mampu memecahkan sendiri
masalah sederhana yang dihadapi dibantu oleh orang dewasa
|
Mengenal benda-benda disekitarnya (nama, warna, ukuran, pola, sifat,
suara, tekstur, fungsi, dan ciri-ciri lain.
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan
memasangkan benda dengan pasangannya
|
Mengenal lingkungan sosial (keluarga, teman, tempat tinggal, tempat
ibadah, budaya, transportasi).
|
Menyebutkan tempat di lingungan sekitar
|
Mengenal lingkungan alam (hewan, tanaman, cuaca, tanah, air, batu-batuan,
dll).
|
Menunjuk nama dan kegunaan benda-benda alam
|
Mengenal teknologi sederhana (peralatan rumah tangga, peralatan bermain,
peralatan pertukangan, dll).
|
Mengenali bahan-bahan pembuatan teknologi sederhana
|
Memahami bahasa reseptif (menyimak dan membaca).
|
Ø Menceritakan
kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melakukan
perintah sederhana sesuai dengan aturan yang di sampaikan
|
Memahami bahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara verbal dan non
verbal).
|
Ø Menceritakan
gambar yang ada di buku
Ø Berbicara sesuai
dengan kebutuhan (kapan harus bertanya, berpenapat)
|
Mengenal keaksaraan awal melalui bermain.
|
Menulis huruf-huruf yang dicontohkan dengan cara meniru
|
Mengenal emosi diri dan orang lain.
|
Menjalin pertemanan dengan anak lain
|
Mengenal kebutuhan, keinginan, dan minat diri.
|
Meilih satu macam dari dua sampai tiga pilihan yang tersedia (misalnya: Mainan, Makanan, Pakaian)
|
Mengenal berbagai karya dan aktivitas seni.
|
Menghhargai penampilan karya seni anak lain dengan bimbingan (misal,
dengan bertepuk tangan dan memuji
|
Tabel
3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-3
4.
Menunjukkan yang diketahui, dirasakan,
dibutuhkan, dan dipikirkan melalui bahasa, music, gerakan, dan karya secara
produktif dan kreatif, serta mencerminkan perilaku berakhlak mulia.
Tabel
berikut merupakan kompetensi dasar dan indikatir pada kompetensi inti yang
terakhir:
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Melakukan kegiatan beribadah sehari-hari dengan tuntunan orang dewasa.
|
Mulai menunjukkan sikap mau menolong orangtua, pendidik dan teman
|
Menggunakan anggota tubuh untuk pengembangan motoric kasar dan halus
|
Ø Menunjukkan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu melakukan gerakan melompat, meloncat,
dan berlari secara terkoordinasi
Ø Melakukan
kegiatan yang menunjukkan anak mampu menangkap bola dengan cepat
|
Mampu menolong diri sendiri untuk hidup sehat
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenali bagian tubuh
yang harus dilindungi dan cara melindungi dari kekerasan, termasuk kekerasan
seksual
|
Menyelesaikan masalah sehari-hari secara kreatif
|
Melanjutkan kegiatan sampai selesai
|
Menyampaikan tentang apa dan bagaimana benda-benda di sekitar yang
dikenalnya (nama, warna, bentuk, ukuran, pola, sifat, suara, tekstur, fungsi
dan ciri-ciri lainnya) melalui berbagai hasil karya
|
Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal benda dengan
memasangkan benda dengan pasangannya
|
Menyajikan berbagai hasil karya yang berhubungan dengan lingkungan social
(keluarga, teman, tempat tinggal, tempat ibadah, budaya, transportasi) dalam
bentuk gambar, bercerita, bernyanyi dan gerak tubuh
|
Menyebutkan dan mengetahui perlengkapan/ atribut yang berhubungan dengan
pekerjaan orang-orang yang berada disekitarnya
|
Menyajikan karya yang berhubungan dengan lingkungan alam (hewan, tanaman,
cuaca, tanah, air, batu-batuan, dll) dalam bentuk gambar, bernyanyi, dan
gerak tubuh
|
Mengungkapkan hasil karya yang dibuatnya secara sederhana yang berubungan
dengan benda-benda yang ada di lingkungan alam
|
Menggunakan teknologi sederhana, untuk menyelesaikan tugas dan
kegiatannya (peralatan rumah tangga, peralatan bermain, peralatan
pertukangan, dll)
|
Mengenali cara bercocok tanam secara modern
|
Menunjukan kemampuan berbahasa reseptif (menyimak dan membaca)
|
Ø Menceritakan
kembali apa yang di dengar dengan kosa kata yang terbatas
Ø Melaksanakan
peri tah sederhana sesuai dengan aturan yang disampaikan
|
Menunjukan kemampuan berbahasa ekspresif (mengungkapkan bahasa secara
verbal dan non verbal)
|
Ø Menceritakan
gambar yang ada pada buku
Ø Berbicara sesuai
dengan kebutuhan ( kapan harus bertanya dan berpendapat)
|
Menunjukan kemampuan keaksaraan awal dalam berbagai bentuk karya
|
Ø Menceritakan isi
buku walaupun tidak sama tulisan dengan bahasa yang diungkapkan
Ø Menghubungkan
benda benda konkret dengan lambing bilangan 1-10
|
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
Menunjukan reaksi emosi diri secara wajar
|
Mengungkapkan kebutuhan, keinginan dan minat diri dengan cara yang tepat
|
Memilih satu dari berbagai kegiatan benda yang disediakan
|
Menunjukan karya dan aktifitas seni dengan menggunakan berbagai media
|
Menampilkan karya seni sederhana
didepan anak atau orang lain
|
Tabel
3. Kompetensi dasar dan indicator pada KI-4
B. METODE
PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran yang digunakan pada kurikulum 2013 pada umumnya adalah metode
saintifik. Begitu juga dengan pada kurikulum di PAUD metode yang digunakan adalah
metode pembelajaran saintifik.
Berpikir saintifik adalah kemampuan berpikir dalam
memahami masalah, menganalisa, mencari pemecahannya, dan menghasilkan sesuatu
yang inovatif dan kreatif. Pendekatan saintifik pada PAUD merupakan proses
pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif
membangun kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan melalui tahapan
mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengkomunikasikan.
Selain
itu juga metode tematik juga digunakan dalam PAUD, karena pada masa-masa PAUD
ini anak didik perlu penanaman tentang konsep-konsep sederhana yang benar.
C. PRESENTASE LOKAL, NASIONAL DAN INTERNASIONAL
Pada
umumnya dalam kurikulum
2013, presentase Nasional lebih banyak ditekankan. Dibuktikan dengan pembahasan
kompetensi dasar yang bersifat umum.
Bahan
Bacaan:
Materi Kuliah Telaah
Kurikulum – Pertemuan Ketujuh, Presentasi Kelompok 1 [Febri
Indra Laksmana, Nouval Aiman, Nurul Iman, Kadek Susila Priangga, Nurur Rahman,
dan Rido Amriadi] (12 Oktober 2015)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar