Minggu, 13 September 2015

PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK
Tugas Kedua
PRINSIP-PRINSIP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

            Pertumbuhan adalah perubahan yang bersifat kuantitatif (bisa dihitung). Sedangkan perkembangan adalah proses perubahan dari yang belum sempurna ke arah yang lebih sempurna.
            Prinsip-prinsip perkembangan adalah pola-pola umum dalam suatu proses perubahan alamiah yang teratur, universal dan berkesinambungan, yang dimaksud dengan perubahan yang teratur adalah pertumbuhan pada manusia yang berjalan normal mengikuti tata urutan yang saling berkaitan. Prinsip-prinsip perkembangan pertumbuhan dan perkembangan manusia secara alamiah mengikuti pola teratur berdasarkan prinsip atau hukum perkembangan. Berikut beberapa prinsip perkembangan menurut para ahli, di antaranya adalah sebagai berikut:
1.      Jean Piaget
Menurut Jean Piaget, Ia memandang bahwa pada setiap anak terdapat dua factor, yaitu pengenalan dan perasaan. Keduanya berguna untuk penyesuaian ruhani terhadap lingkungan. Katanya pula, bahwa dalam ruhani anak terdapat fungsi pikiran. Akan tetapi, kecakapan berfikir secara logis tidak dibawa anak secara lahir. Kecakapan berfikir baru timbul setelah ia mencapai taraf perkembangan tertentu.
2.      J.B Watson dan Pavlov
Menurut J.B Watson dan Pavlov, keduanya menyatakan bahwa perkembangan itu pada hakikatnya merupakan kumpulan dari sejumlah reflek yang karena sudah terlatih sedemikian rupa hingga ahirnya membentuk tingkah laku sesorang yang bersifat konstan; atau bisa diartikan sebagai gerak spontan yang bersifat otomatis. Inilah yang menurutnya disebut dengan reflek wajar yang masih murni, yang asli dibawa sejak lahir. Setelah mendapat latihan dan pembiasan, lalu disebut sebagai reflex bersyarat. Jadi, menurutnya, perkembangan merupakan proses terbentuknya refleks wajar menjadi refleks bersyarat.
3.      Pakar Psikologi (Hurlock, 1991)
Ada 7 Prinsip-prinsip perkembangan menurut pakar psikologi (Hurlock, 1991), yaitu sebagai berikut:
1.      Adanya perubahan selama proses perkembangan seorang anak.
Ada beberapa ciri perubahan yang mencolok selama proses perkembangan seorang anak, yaitu:
-          Perubahan ukuran fisik yang meliputi tinggi ,berat, organ dalam tubuh, perubahan mental yang meliputi memori, penalaran persepsi, dan imajinasi.
-          Perubahan proporsi, misalnya perubahan perbandingan antara kepala dan tubuh pada seorang anak.
-          Hilangnya ciri lama, misalnya ciri egoisentrik yang hilang dengan sendirinya berganti dengan sikap prososial.
2.      Perkembangan awal lebih kritis dibandingkan perkembangan lanjuyan.
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa dasar awal cenderung medasari dan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang hidupnya. Terdapat 3 bukti  yang membenarkan pendapat ini.
a.       Hasil belajar dan pengalaman merupakan hal yang dominan dalam perkembangan anak.
b.      Dasar awal menjadi pola kebiasaan, hal ini tentunya akan berpengaruh sepanjang  hidup anak dalam penyesuaian sosial dan pribadi anak.
c.       Dasar awal sangat sulit berubah meskipun hal tersebut salah.
3.      Perkembangan merupakan hasil proses kematangan belajar dan latihan.
Perkembangan anak akan sangat dipengaruhi oleh proses kematangan dan latihan yaitu terbukanya karakteristik yang secara potensial telah ada pada individu yang berasal dari warisan genetik individu, misalnya: merangkak, duduk, kemudian berjalam. Adapun arti belajar adalah perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha.
4.      Pola perkembangan dapat diramalkan.
Dalam perkembangan motorik akan mengikuti hukum Chepalo Caudal yaitu perkembangan yang menyebar ke seluruh tubuh dari kepala ke kaki. Hukum yang ke-2 yaitu Proximedical yitu perkembangan yang dekat ke yang jauh.
Contoh: Jari jemari seorang anak akan didahului oleh ketrampilan lengan terlebih dulu.
5.      Pola perkembangan mempunyai karakteristik yang dapat diramalkan.
Karakteristik tertentu dalam perkembangan juga dapat diramalkan. Ini berlaku baik untuk perkembangan fisik maupun mental. Semua akan mengikuti pola perkembangan yang sama dari satu tahap ke tahap berikutnya.
Contoh: Bayi berdiri sebelum berjalan.
6.      Terdapat perbedaan individu (individual differences) dalam perkembangan.
7.      Setiap tahap perkembangan memiliki bahaya yang potensial.




Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Perkembangan Peserta Didik – Pertemuan Kedua, Jajang Suryana (01 September 2015)
Habibi, Isbah. 2015. Prinsip-prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan Menurut Beberapa Ahli. Terdapat pada http://www.kompasiana.com/www.isbahhabibii.com/prinsip-prinsip-pertumbuhan-dan-perkembangan-menurut-beberapa-ahli_54f8a041a333116a158b4624 (diakses tanggal 10 September 2015, pukul 21.21)
Meninjo, Edi. 2013. Prinsip Perkembangan Hurlock (1991). Terdapat pada http://cakediklakah.blogspot.com/2013/04/cak-edi-prinsip-perkembangan-hurlock.html (diakses tanggal 10 September 2015, pukul 21.28 WITA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar