PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
Tugas Kedua
PRINSIP-PRINSIP
PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN
Pertumbuhan adalah perubahan
yang bersifat kuantitatif (bisa dihitung). Sedangkan perkembangan adalah proses
perubahan dari yang belum sempurna ke arah yang lebih sempurna.
Prinsip-prinsip
perkembangan adalah pola-pola umum dalam suatu proses perubahan alamiah yang
teratur, universal dan berkesinambungan, yang dimaksud dengan perubahan yang
teratur adalah pertumbuhan pada manusia yang berjalan normal mengikuti tata urutan
yang saling berkaitan. Prinsip-prinsip perkembangan pertumbuhan dan
perkembangan manusia secara alamiah mengikuti pola teratur berdasarkan prinsip
atau hukum perkembangan. Berikut beberapa prinsip perkembangan menurut para
ahli, di antaranya adalah sebagai berikut:
1.
Jean Piaget
Menurut Jean Piaget, Ia memandang
bahwa pada setiap anak terdapat dua factor, yaitu pengenalan dan perasaan.
Keduanya berguna untuk penyesuaian ruhani terhadap lingkungan. Katanya pula,
bahwa dalam ruhani anak terdapat fungsi pikiran. Akan tetapi, kecakapan
berfikir secara logis tidak dibawa anak secara lahir. Kecakapan berfikir baru
timbul setelah ia mencapai taraf perkembangan tertentu.
2.
J.B Watson dan Pavlov
Menurut J.B Watson dan Pavlov, keduanya menyatakan bahwa
perkembangan itu pada hakikatnya merupakan kumpulan dari sejumlah reflek yang
karena sudah terlatih sedemikian rupa hingga ahirnya membentuk tingkah laku
sesorang yang bersifat konstan; atau bisa diartikan sebagai gerak spontan yang
bersifat otomatis. Inilah yang menurutnya disebut dengan reflek wajar yang
masih murni, yang asli dibawa sejak lahir. Setelah mendapat latihan dan
pembiasan, lalu disebut sebagai reflex bersyarat. Jadi, menurutnya,
perkembangan merupakan proses terbentuknya refleks wajar menjadi refleks bersyarat.
3.
Pakar Psikologi (Hurlock,
1991)
Ada 7 Prinsip-prinsip perkembangan menurut pakar psikologi
(Hurlock, 1991), yaitu sebagai berikut:
1.
Adanya perubahan selama proses perkembangan seorang anak.
Ada beberapa ciri perubahan yang mencolok selama proses
perkembangan seorang anak, yaitu:
-
Perubahan ukuran fisik yang meliputi tinggi ,berat, organ dalam tubuh,
perubahan mental yang meliputi memori,
penalaran
persepsi, dan imajinasi.
-
Perubahan proporsi,
misalnya
perubahan perbandingan antara kepala dan tubuh pada seorang anak.
-
Hilangnya ciri lama, misalnya ciri egoisentrik
yang hilang dengan sendirinya
berganti
dengan sikap prososial.
2.
Perkembangan awal lebih kritis dibandingkan perkembangan lanjuyan.
Bukti ilmiah menunjukkan bahwa
dasar awal cenderung medasari dan mempengaruhi sikap dan perilaku anak sepanjang
hidupnya. Terdapat 3 bukti yang membenarkan pendapat ini.
a.
Hasil belajar dan
pengalaman merupakan hal yang dominan dalam perkembangan anak.
b.
Dasar awal menjadi pola kebiasaan, hal ini tentunya akan berpengaruh sepanjang hidup anak dalam penyesuaian sosial dan
pribadi anak.
c.
Dasar awal sangat sulit berubah meskipun hal tersebut
salah.
3.
Perkembangan merupakan hasil proses kematangan belajar dan latihan.
Perkembangan anak
akan sangat dipengaruhi oleh proses kematangan
dan latihan yaitu terbukanya karakteristik yang secara potensial telah ada pada
individu yang berasal dari warisan genetik individu, misalnya: merangkak,
duduk, kemudian berjalam. Adapun arti belajar adalah
perkembangan yang berasal dari latihan dan usaha.
4.
Pola perkembangan dapat diramalkan.
Dalam perkembangan motorik akan
mengikuti hukum Chepalo Caudal yaitu perkembangan
yang menyebar ke seluruh tubuh dari kepala ke kaki. Hukum yang ke-2 yaitu Proximedical yitu perkembangan yang
dekat ke yang jauh.
Contoh:
Jari
jemari seorang anak akan didahului oleh ketrampilan lengan terlebih dulu.
5.
Pola perkembangan mempunyai karakteristik yang dapat
diramalkan.
Karakteristik tertentu dalam
perkembangan juga dapat diramalkan.
Ini
berlaku baik untuk perkembangan fisik maupun mental. Semua akan mengikuti pola
perkembangan yang sama dari satu tahap ke tahap berikutnya.
Contoh: Bayi berdiri
sebelum berjalan.
6.
Terdapat perbedaan individu
(individual differences) dalam
perkembangan.
7. Setiap tahap
perkembangan memiliki bahaya yang potensial.
Bahan Bacaan:
Materi
Kuliah Perkembangan Peserta Didik – Pertemuan Kedua, Jajang Suryana (01 September 2015)
Habibi, Isbah. 2015. Prinsip-prinsip Pertumbuhan dan
Perkembangan Menurut Beberapa Ahli. Terdapat pada http://www.kompasiana.com/www.isbahhabibii.com/prinsip-prinsip-pertumbuhan-dan-perkembangan-menurut-beberapa-ahli_54f8a041a333116a158b4624 (diakses tanggal 10 September 2015, pukul 21.21)
Meninjo, Edi. 2013. Prinsip
Perkembangan Hurlock (1991). Terdapat pada http://cakediklakah.blogspot.com/2013/04/cak-edi-prinsip-perkembangan-hurlock.html
(diakses tanggal 10 September 2015, pukul 21.28 WITA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar