PERKEMBANGAN PESERTA
DIDIK
Tugas Kesatu
PERKEMBANGAN ANAK
Manusia terdiri dari dua hal, yakni psikis (ruhani) dan fisik (jasmani).
Psikis yaitu hal-hal yang berkaitan dengan kejiwaan, contohnya adalah berfikir,
emosi, rasa, keinginan, keimanan, penolakan, kegelisahan, kesepian, dan
sebagainya. sedangkan fisik yaitu hal-hal yang berkaitan dengan keragaan,
contohnya adalah anatomi tubuh, kondisi tubuh, pelatihan jasmani, kelainan
tubuh, penyakit, perkembangan jasmani, ciri-ciri jasmani, karakteristik seks,
dan masih banyak yang lainnya.
Dua hal inilah yang harus terus diasah secara bersamaan
oleh manusia agar menjadi manusia yang lengkap. Tidak hanya salah satu yang
dikembangkan, karena dua hal inilah yang akan mempengaruhi perilaku seseorang.
Dalam berperilaku seseorang juga didasari dengan pengetahuan tentang psikologi.
Berbagai jenis psikologi yang ada, diantaranya adalah:
ü Psikologi Anak
ü Psikologi
Perkembang
ü Psikologi Sosial
ü Psikologi Industri
ü Psikologi Terapan
ü Psikologi Olah raga
ü Psikologi Agama
ü Psikologi Seni,
dsb.
Manusia tak lepas dari perkembangan dan pertumbuhan dalan proses
kehidupannya. Dimana pada diri manusia selalu terjadi proses perkembangan dan
pertumbuhan tersebut walau setiap individu berbeda-beda, ada yang cepat dan
juga ada yang lamban dalam perubahannya.
Menurut F.J.Monks, dkk., (2001), pengertian perkembangan menunjuk pada “
suatu proses ke arah yang lebih sempurna dan tidak begitu saja dapat diulang
kembali. Perkembangan menunjuk pada perubahan yang bersifat tetap dan tidak
dapat diputar kembali.” Perkembangan
juga dapat diartikan sebagai “proses yang kekal dan tetap yang menuju ke arah
suatu organisasi pada tingkat integrasi yang lebih tinggi, berdasarkan pertumbuhan,
pemasakan, dan belajar.”
Perkembangan menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuan baru yang
berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi.
Perkembangan itu bergerak secara berangsur-angsur tetapi pasti, dimulai dari
masa pembuahan dan berakhir dengan kematian.
Dalam konsep perkembangan juga terkandung pertumbuhan. Pertumbuhan (growth)
sendiri sebenarnya merupakan sebuah istilah yang lazim di gunakan dalam
biologi, sehingga pengertiannya lebih bersifat biologis. C.P.Chaplin (2002),
mengartikan pertumbuhan sebagai: satu pertambahan atau kenaikan dalam ukuran dari bagian-bagian
tubuh atau dari organism sebagai suatu keseluruhan. Pertumbuhan fisik bersifat
meningkat, menetap, dan kemudian mengalami kemunduran sejalan dengan
bertambahnya usia. Ini berarti bahwa pertumbuhan fisik ada puncaknya.
Istilah “pertumbuhan” lebih cenderung menunjuk pada kemajuan fisik atau
pertumbuhan tubuh yang melaju sampai pada suatu titik optimum dan kemudian
menurun menuju pada keruntuhannya. Sedangkan istilah “perkembangan” lebih
menunjuk pada kemajuan mental atau perkembangan rohani yang melaju terus sampai
akhir hayat. Perkembangan rohani tidak terhambat walaupun keadaan jasmani sudah
sampai pada puncak pertumbuhannya.
Perkembangan dan pertumbuhan tentu sangat berbeda. Kalau perkembangan
bersifat psikis yaitu berkaitan dengan kepribadian atau kejiwaan, perkembangan
sukar untuk dilihat dan diukur. Sedangkan pertumbuhan adalah bersifat fisik
yaitu berkaitan dengan usia atau
keragaan, pertumbuhan mudah untuk dilihat dan juga dapat diukur. Perkembangan
dan pertumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
Ø
Ciri-ciri perkembangan yaitu:
- Perkembangan selalu melibatkan proses pertumbuhan yang diikuti dari perubahan fungsi, seperti perkembangan sistem reproduksi akan diikuti perubahan pada fungsi alat kelamin.
- Perkembangan memiliki pola yang konstan dengan hukum tetap, yaitu perkembangan dapat terjadi dari daerah kepala menuju ke arah kaudal atau dari bagian proksimal ke bagian distal.
- Perkembangan memiliki tahapan yang berurutan mulai dari kemampuan melakukan hal yang sederhana menuju kemampuan melakukan hal yang sempurna.
- Perkembangan setiap individu memiliki kecepatan pencapaian perkembangan yang berbeda.
- Perkembangan dapat menentukan pertumbuhan tahap selanjutnya, di mana tahapan perkembangan harus melewati tahap demi tahap (Narendra, 2002).
Ø
Ciri-ciri pertumbuhan yaitu:
- Dalam pertumbuhan akan terjadi perubahan ukuran dalam hal bertambahnya ukuran fisik, seperti berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, lingkar lengan, lingkar dada, dan lain- lain.
- Dalam pertumbuhan dapat terjadi perubahan proporsi yang dapat terlihat pada proporsi fisik atau organ manusia yang muncul mulai dari masa konsepsi hingga dewasa.
- Pada pertumbuhan dan perkembangan terjadi hilangnya ciri-ciri lama yang ada selama masa pertumbuhan, seperti hilangnya kelenjar timus, lepasnya gigi susu, atau hilangnya refleks-refleks tertentu.
- Dalam pertumbuhan terdapat ciri baru yang secara perlahan mengikuti proses kematangan, seperti adanya rambut pada daerah aksila, pubis, atau dada.
Bermaca-macam jenis atau cara pertumbuhan anak dalam mengenal atau
mengetahui tentang sesuatu, tergantung pertumbuhan dan perkembangan, dan juga
usia anak itu sendiri. Salah satu contohnya adalah pada anak usia 2,5 tahun,
dimana pada usia tersebut anak masih dalam masa oral. Yaitu segala sesuatu yang ad didepannya atau sesuatu yang di
pegangnya akan dimaksukkan ke dalam mulutnya. Hal ini wajar terjadi karena
kepuasan anak-anak pada masa itu adalah makan. Jadi segala sesuatu yang di
pegangnya akan selalu berusaha untuk dimasukkan ke dalam mulutnya.
Perkembangan kegiatan seni rupa (khususnya pada bidang
menggambar) pada anak-anak prasekolah atau TK (Taman Kana-kanak) sampai SMA
(Sekolah Menengah Atas), yaitu rentan usia kurang lebih mulai dari 4,5 tahun
sampai dengan 17 tahun. Perkembangan kegiatan kesenirupaan dapat dilihat dengan
cara mengetahui:
-
Pengetahuan umum tentang kesenirupaan
-
Dasar kegiatan pengajaran di sekolah
-
Dasar kegiatan pembimbingan di sanggar atau di rumah
-
Dasar evaluasi kegiatan seni rupa – terutama menggambar:
(penilaiaan hasil karya siswa opleh guru; juri lomba; penentuan kebijakan
lomba; perencanaan kurikulum kegiatan seni rupa; dll)
Sedangkan untuk meningkatkan perkembangan siswa dalam
pemahamannya tentang pembelajaran (khususnya kegiatan seni rupa) seorang
pendidik atau guru harus memahami beberapa hal dibawah ini, yaitu:
o
Guru atau pendidik harus memahami tentang perilaku siswa
o
Guru atau pendidik harus memahami tentang cara menyikapi
permasalahan siswa
o
Guru atau pendidik harus memahami tentang cara membimbing
kegiatan siswa
o
Guru atau pendidik harus memahami tentang kecenderungan
perilaku siswa
Ø Rangkuman gambaran
perkembangan kegiatan menggambar pada anak dan remaja
Sir Cyril Burt
|
Ruth Griffiths
|
Viktor Loweneld & W. Lambert Brittain
|
Amir Hamzah Nasution & Oejeng Soewargana
|
Masa Corengan
(usia 2 – 5 tahun)
|
1) Tahap Goresan
|
Masa corengan
(usia 2 – 4 tahun)
|
Periode Menggores
(sampai usia 3 tahun)
|
Masa Garis
(usia 4 tahun)
|
2) & 3) Tahap Bentuk Geometris Kasar dan Garis
|
Masa Prabagan
(usia 4 – 7 tahun)
|
Periode Skema
(usia 3 – 7 tahun)
|
Masa Perlambangan Terurai
(usia 5 – 6 tahun)
|
4) Tahap Peniruan Objek
|
||
Masa Realisme Terrai
(usia 7 – 8 tahun)
|
5), 6), & 7) Tahap Juxtaposition
|
Masa Bagan
(usia 7 – 9 tahun)
|
Periode Bentuk dan Garis
(usia 7 – 9 tahun)
|
Masa Realisme Cerapan
(usia 9 – 10 tahun)
|
8) Tahap Pemaduan Bagian
|
Masa Realisme
(usia 9 – 12 tahun)
|
Periode Silhuet
(usia 9 – 10 tahun)
|
Masa Represif
(usia 11 – 14 tahun, terutama usia 13 tahun)
|
9) & 10) Tahap Representasi
|
Masa Naturalisme Semu
(usia 12 – 14 tahun)
|
Periode Perspektif
(usia 10 – 14 tahun)
|
Masa Kebangkitan Rasa Artistik
(usia 15 tahun)
|
11) Tahap Pengembangan Tema
|
Masa Kepastian
(usia 14 – 17 tahun)
|
Bagan 1
Sumber: Materi Kuliah Perkembangan Peserta Didik – Pertemuan Pertama [1) Education Through Art, Herbert Read
(1958); 2) Creative and Mental Growth,
Viktor Lowenfeld & W. Lambert Brittain (1970); dan Pengantar Ilmu Djiwa Kanak-kanak, Nasution dan Soewargana (19168)]
Bahan Bacaan:
Materi Kuliah Perkembangan Peserta Didik – Pertemuan
Pertama, Jajang Suryana (25 Agustus 2015)
_____. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Terdapat pada https://creationsje.wordpress.com/2014/07/05/psikologi-perkembangan-peserta-didik/ (diakses tanggal 25 Agustus 2015, pukul 22.33 WITA)
Siregar, Via Purwawisesa. 2014. Makalah Tentang Pertumbuhan dan
Perkembangan Peserta Didik. Terdapat pada http://viapurwawisesasiregar.blogspot.com/2014/03/makalah-tentang-pertumbuhan-dan.html
(diakses tanggal 25 Agustus 2015, pukul 22.38 WITA)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar