Selasa, 27 Mei 2014

PERBEDAAN SENI RUPA MURNI (FINE ART) DENGAN SENI RUPA TERAPAN (APPLIED ART)

Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
Selain itu seni rupa juga mempunyai fungsi atau manfaat. Fungsi karya seni rupa dapat dibedakan menjadi dua, yaitu fungsi estetis dan fungsi praktis. Fungsi estetis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia tentang rasa keindahan. Fungsi praktis adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia akan benda pakai.
Seni rupa dibedakan ke dalam dua kategori, yaitu seni rupa murni atau seni murni dan terapan (kriya dan desain). Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara terapan (kriya dan desain) lebih menitik beratkan pada fungsi dan kemudahan produksi.
Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah Fine Art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah Fine Art menjadi lebih spesifik kepada pengertian seni rupa murni untuk kemudian menggabungkannya dengan desain dan kriya (terapan) ke dalam bahasan Visual Arts atau Applied Art.
1.      Seni Rupa Murni adalah seni yang tercipta bebas tanpa mempertimbangkan segi fungsi dan kegunaannya. Tetapi lebih mengutamakan fungsi keindahan. Selain itu seni rupa murni diciptakan hanya untuk pemuasan ekspresi pribadi
Contoh karya seni rupa murni, yaitu:
ü  Lukisan
http://yandiofindonesia.files.wordpress.com/2012/10/painting_children_kjb_donaldzolan_68thethinker_sm.jpg

ü  Kaligrafi
http://hadizafa.com/wp-content/uploads/kaligrafi-bismillah-9.jpg
ü  Patung
http://sewabusbali.com/tempat-wisata/gambar/patung-gwk.jpg
ü  Dll.

2.      Seni Rupa Terapan adalah hasil karya seni yang lebih mengutamakan kegunaannya atau fungsi pakainya disamping dapat dinikmati mutu seninya. Tujuan fungsional yaitu untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikologis (kejiwaan) manusia yang tidak hanya bisa di pandang keindahannya, namun juga dapat di pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu seni rupa terapan memiliki fungsi guna atau pakai. Artinya selain sebagai benda yang bernilai seni (artistik) juga sebagai benda yang indah (estetis) dan dapat digunakan untuk kepentingan manusia. Bentuknya berupa benda-benda pakai atau benda guna untuk kebutuhan manusia. Seni rupa terapan bukan hanya mengutamakan keindahan saja, namun juga fungsinya, sehingga hal ini menjadi nilai plus bagi setiap karya yang dihasilkan. Seni rupa terapan mengacu kepada aplikasi desain dan estetika terhadap benda-benda yang dipergunakan manusia sehari-harinya. Seni rupa terapan menggunakan desain dan idealisme kreatif untuk menciptakan benda-benda keperluan sehari-hari.
Contoh karya seni rupa terapan, yaitu:
ü  Ukiran
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdr2PIEmx-pBQv72H6Es9AQe_fvfsJOp9oO3nukpsjMhLSdtmhun9OAeLv2FJURZhHBr8_OHB51IOX61kK_GyRL5UisgiOIRfYIGGd0RwDTtTnED_ydU7LHEuS5tt4OTmocp4ywEQs_g/s1600/Untitled-3.jpg
ü  Batik atau pakaian
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEizbw_50MPoJSJXHVA-gNzpuIC0vUzLJbZ-OvZgReH3WvPsDW4zUjJMJLNwg477EP8nSZd38q3a51hAmfQU_QIy6y4Ud9-khUGa99m9BEN48wPb239B0hGfklrVHYMnswm4l19j4RWVlVY/s1600/rrr.PNG
ü  Gerabah dari tanah liat
http://www.gresnews.com/images_content/201178sumut%20-%20gerabah%20%28rilisindonesia%20com%29.jpg
ü  Anyaman
http://desatalangjerinjing.files.wordpress.com/2011/11/anyamanriaupon2012.jpg
ü  Keramik
http://www.utaloeber-keramik.de/img/main.jpg
ü  Kerajinan furniture

ü  Kerajinan tangan (handycraft)
http://bahan-membuat.com/wp-content/uploads/2012/11/424.jpg


ü Dll.


Sumber:
http://hedisasrawan.blogspot.com/2013/09/pengertian-seni-rupa-terapan-artikel.html
http://sciencevarious.blogspot.com/2011/11/pengertian-seni-rupa-murni-dan-terapan.html
http://terbeselung.blogspot.com/2012/02/pengertian-seni-rupa-murni-dan-seni.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar